Tips Jitu Menggunakan AC dengan Cermat dan Baik

, , Leave a comment

 

Tips Membeli AC

AC atau pendingin ruangan ialah salah satu alat elektronik yang konsumsi listriknya cukup besar, bisa dikatakan sebagian besar tagihan listrik berasal dari penggunaan AC. Dengan penggunaan yang baik dan benar tagihan listrik masih tergolong mahal jika ditambah AC, terbayangkan bagi anda jika penggunaannya salah? Tentu anda sudah tahu jawabannya sendiri.

Banyak orang yang mencari AC yang memiliki watt yang rendah dan hemat energi, karena selain menekan biaya pengeluaran, penggunaan AC yang hemat listrik pastinya sangat membantu. Namun dalam memilih AC yang hemat energi ini harus benar-benar memilih dengan merk AC hemat listrik yang tetap.

Untuk kinerja AC yang baik, sebaiknya anda memperhatikan tips dan trik dibawah ini dalam menggunakan AC berikut ini, yaitu:

1. Gunakan AC Sesuai Kebutuhan Ruang
Nah sering kali kesalahan yang terjadi ialah penggunaan AC yang tidak sesuai dengan ruangan. Ruangan yang besar menggunakan AC ukuran 1/2 PK? Kapan dinginnya? Hal ini justru malah membuat AC tersebut bekerja lebih keras dari biasanya. Dan ini menjadi salah satu faktor kerusakan dini pada pendingin ruangan plus bengkaknya tagihan listrik.

Jadi hitung denganbenar ukuran ruangan anda agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan ukuran AC. Jika ruangan berukuran 3×3 penulis menyarankan untuk menggunakan AC 1 PK karena akan jauh lebih hemat, ditambah jika menggunakan merk AC hemat listrik Daikin High Inverter.

2. Pengaturan Suhu
Sering kali kita perhatikan suhu AC disetel pada batas 16 derajat, jika ditanya kenapa pasti jawabannya agar cepat dingin. Namun ternyata ini adalah sebuah kesalahan besar karena AC tidak akan pernah mampu membuat ruangan dingin ukuran 16 derajat apalagi jika ruangan tidak sesuai dengan kapasitas AC.

Jika AC tidak mampu memenuhi pada remote, maka kompressor akan terus bekerja maksimal yang tentu akan menyedot lebih banyak watt yang berujung ke tagihan listrik yang ikut melonjak meski telah menggunakan merk AC hemat listrik sekalipun. Suhu standar yang dapat anda setel pada remote AC berkisar di angka 24-25 derajat.

Jadi kesimpulannya gunakanlah kapasitas AC yang sesuai dengan ruangan, jangan sampai ukuran AC lebih kecil dari yang dibutuhkan ruangan. Setel suhu pada ukuran standar, jangan memaksa kerja kompressor.

Untuk lebih melengkapi hematnya, anda bisa menggunakan merk AC hemat listrik seperti Daikin High Inverter namun ingat meski sudah menggunakan AC inverter namun tidak sesuai kapasitas tetap saja akan boros.

 

Leave a Reply