Pentingnya Sunblock untuk Kesehatan Kulit

, , Leave a comment

Setiap hari, manusia selalu beraktivitas baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Ini adalah hal yang wajar. Justru manusia yang tidak beraktivitas patut dipertanyakan. Layaknya matahari yang selalu bergerak, manusia juga harus bergerak. Jika matahari tidak bergerak, pasti semua manusia akan bosan dengannya. Begitu juga dengan manusia sendiri, manusia tetap harus bergerak untuk bekerja, bermain, atau kegiatan lainnya.

Berbicara mengenai hubungan manusia dan matahari, tentu tidak lepas dari yang namanya kulit. Kulit manusia setiap harinya selalu terpapar sinar matahari. Sayangnya tidak semua sinar matahari bagus untuk kesehatan kulit manusia, sinar matahari yang baik untuk kesehatan kulit bisa kita dapatkan di pagi hari, tapi lain halnya jika sudah menginjak waktu siang hari, dimana itu puncak panasnya sinar matahari.

Jika sinar matahari di pagi hari hingga jam 9 pagi masih terhitung bagus untuk kulit manusia, terutama bayi. Oleh karena itu, biasanya bayi yang baru saja lahir dipanaskan di panas matahari saat pagi hari tiba. Namun, tentu kamu tidak menemukan ada bayi yang dipanaskan saat matahari sedang terik di tengah hari, ‘kan?

Sinar matahari saat sudah siang hari ini justru membuat kulit kita menjadi terasa terbakar dan sebagian bisa merusak kulit. Kulit bisa menjadi kering dan gejala lainnya bisa muncul akibat terpapar sinar matahari di saat siang hari. Untuk itu sebagian orang menggunakan sunblock untuk menghindari gejala atau efek buruk dari radiasi UV sinar matahari saat siang hari.

Adapun kegunaan sunblock sendiri ada beberapa poin. Berikut ini ulasannya.

1. Mencegah Penuaan Dini
Kulit yang sering terpapar sinar matahari saat terik menjadi gampang kering. Kulit kering ini nantinya akan menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Hal ini terjadi karena asupan gizi untuk kulit tidak ada. Rendahnya kelembaban yang dibutuhkan kulit pun juga menjadi berkurang saat terus terpapar sinar matahari.

2. Mencegah Flek pada Kulit
Flek ini bisa saja menjangkiti wajah atau bagian kulit yang lain. Flek ini tentu saja akibat kulit yang terkena radiasi UV sinar matahari. Untuk menghindari radiasi UV tersebut, kamu bisa menggunakan sunblock.

3. Mencegah Kanker Kulit
Tidak hanya bagian tubuh lainnya yang bisa terkena kanker. Kulit juga bisa terkena kanker loh. Dengan terus terpaparnya kulit oleh sinar matahari, sel-sel kulit menjadi rusak. Kerusakan yang parah ini bisa menyebabkan kanker kulit loh. Untuk mencegah kanker kulit ini, kamu bisa menggunakan sunblock.

4. Sublock Bisa Mempercantik Kulit
Kamu bisa pernah mengalami kulit belang sebagian, ‘kan? Hal ini terjadi karena kamu lupa menutup bagian tangan dan akhirnya menjadi lebih hitam dibandingkan bagian kulit sebelahnya. Dengan menggunakan sunblock, kamu bisa mereduksi efek belang ini. Sehingga kamu pun bisa tampil cantik dengan warna kulit yang rata atau sama.

Itulah beberapa pentingnya sunblock untuk kesehatan kulit. Kamu bisa menambahkan poin-poin pentingnya sunblock lainnya melalui komentar di bawah ini 😉

 

Leave a Reply