Ibu Wajib Tau! Ini Cara Membersihkan Peralatan Dapur yang Benar

, , Leave a comment

Desain Dapur Minimalis Rumahsederhanaco
Menjaga kebersihan peralatan dapur berarti menjaga kesehatan keluarga. Karena dengan alat-alat dapur tersebutlah kita mempersiapkan makanan untuk keluarga di rumah. Apabila tidak dirawat dan tidak dibersihkan secara rutin atau jika tidak dibersihkan dengan benar, selain dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, benda-benda tersebut juga pastinya akan cepat rusak. Bagi Anda ibu rumah tangga wajib tahu cara membersihkan peralatan dapur yang benar agar perkakas tersebut bisa awet dan tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Kompor gas

Hampir setiap dapur saat ini sudah dilengkapi dengan kompor gas. Setiap kali masak, selalu ada saja masakan hingga minyak yang tumpah di atasnya, hingga debu mudah menempel. Agar tidak mudah berkarat Anda bisa membersihkan permukaan kompor. Pertama dengan menggunakan spons untuk menyerap minyak dan benda cair lainnya, kemudian diikuti dengan kain lap yang sudah dibasahi dengan air. Sebisa mungkin, lakukan setiap setelah memasak agar kotoran di kompor tidak mengeras dan bandel.

Peralatan dapur berbahan teflon

Berbagai jenis peralatan masak yang terbuat dari teflon anti lengket harus diperlakukan dengan hati-hati karena apabila tidak, anti lengket tersebut bisa tergores, rusak, dan bisa menimbulkan kanker.
Untuk menangani peralatan dapur anti lengket, Anda hanya membutuhkan sponge yang diberikan air sabun cuci piring, kemudian gosoklah secara lembut dan perlahan untuk menghindari goresan. Hindari menggunakan benda-benda yang keras atau benda-benda yang dapat menyebabkan goresan untuk membersihkan peralatan dapur anti lengket.

Panci dan wajan stainless atau besi

Jika wajan apa peralatan dapur Anda terbuat dari bahan stainless dan ternyata sudah cukup kotor, Anda bisa mencoba cara berikut ini untuk membersihkannya.

  • Masukkan air dan beberapa tetes sabun cuci piring kemudian didihkan lalu tempatkan di wajan atau panci yang ingin dibersihkan hingga dingin
  • Setelah itu cuci seperti biasa
  • Lalu bilas dengan sabun dan air panas

Pisau dan gunting

Pisau dan gunting yang tidak terbuat dari bahan stainless steel cukup mudah berkarat. Agar tidak mudah berkarat, peralatan dapur tersebut sebaiknya dicuci dan langsung dikeringkan dengan menggunakan kain lap atau tisu. Tempatkan pisau di tempat yang tidak membuatnya mudah tumpul seperti di ‘sarung pisau’ yang berbahan dasar kayu.

Talenan

Talenan plastik seringkali kita gunakan untuk memotong sayur, bumbu, termasuk ikan dan daging. Agar tetap steril dan terjaga kebersihannya, talenan sebaiknya dicuci dengan tambahan sedikit jeruk nipis dan air hangat. Jika terbuat dari kayu, hindari menggunakan air panas untuk mencuci.

Peralatan dapur yang terbuat dari kayu

Peralatan dapur yang terbuat dari kayu perlu dirawat dengan hati-hati. Seperti yang kita ketahui, musuh utama kayu adalah air. Agar peralatan dapur yang terkenal berasal dari zaman Mesir kuno ini bisa dirawat dengan baik dan bertahan lama, caranya adalah:

  • Jangan mencuci peralatan dapur yang berbahan kayu dengan air sabun yang panas
  • Jangan membiasakan merendam peralatan berbahan dasar kayu
  • Setelah dicuci, biarkan peralatan tersebut kering dengan udara terbuka dan bukan ditepuk dengan menggunakan kain lap
  • Jangan terapkan minyak mineral, fungsinya untuk menghindari agar kayu tidak retak dan kering
 

Leave a Reply