5 Makanan Berkuah dari Sayur yang Enak dan Segar

, , Leave a comment

Sayur-sayuran memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya adalah, untuk menjaga gula darah agar tetap terkontrol, mengatasi resistensi insulin, menurunkan berat badan, mendinginkan otot, mengandung banyak vitamin dan mineral, serta banyak mengandung serat yang bermanfaat untuk melancarkan BAB. Namun Selain itu, sebenarnya sayur juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah kanker dan menjaga kesehatan mata.

Aneka sayur berkuah yang bisa coba Anda buat di rumah untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga yang segar dan enak. Diantaranya adalah:

Sayur bening daun katuk dan oyong

Sejak dahulu, daun katuk merupakan salah satu favorit masyarakat Indonesia untuk dijadikan sebagai sayur bening. Rasanya yang segar dan manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan adalah alasan lain mengapa banyak masyarakat memilih daun katuk untuk disajikan pada siang hari.

Tambahan oyong serta sayur gambas bisa jadi penambah citarasa dan sebagai sumber nutrisi lainnya untuk sayur berkuah yang satu ini.

Sup jamur dan wortel saus tiram

Kalau kebetulan hari ini Anda ingin memasak jamur, Anda bisa mencoba resep Sup Jamur Wortel dengan bumbu saus tiram. Walaupun terkesan simpel, namun masakan ini cukup sedap.
Jamur sangat baik disajikan dalam berbagai situasi dan cocok dikonsumsi oleh segala usia. Karena jamur merupakan sumber vitamin D, sumber antioksidan, bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bisa melawan kanker, dan bisa membantu mengontrol berat badan.

Sup Pak Choi Telur Puyuh

Sup adalah salah satu jenis makanan yang segar dikonsumsi pada siang maupun malam hari. Ketika mengalami flu atau sakit, sup bisa jadi pilihan makanan sehat untuk menguatkan imun tubuh dan untuk mempercepat proses penyembuhan. Karena mengandung banyak vitamin serta mineral. Namun selain kaya nutrisi, kuahnya juga sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Sup Pakcoy Telur Puyuh merupakan salah satu contoh resep sup yang benar-benar segar dan nikmat dengan tampilan yang menarik dan rasa yang enggak pernah mengecewakan.

Sayur asem tetelan

Siapa yang tidak suka sayur asam? Sayur asam adalah jenis sayur yang cukup segar dan cocok dihidangkan pada siang hari. Sayur berkuah ini bisa lebih bergizi lagi apabila ditambahkan dengan tetelan daging. Masakan jawa ini tentu sudah cukup terkenal dan bisa dibuat dengan mudah bukan? Bahkan hampir diseluruh nusantara kita bisa menemukan masakan sayur asam dengan beragam resep.

Sayur bayam bunga telur

Bayam adalah jenis sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari karena di dalamnya terkandung vitamin A, vitamin K, dan berbagai mineral seperti mangan, magnesium, asam folat, protein kalsium; termasuk serat yang cukup tinggi.

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi bayam setiap hari di antaranya adalah: mencegah kanker, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung dan baik juga untuk menurunkan tekanan darah serta mencegah diabetes.

Salah satu resep masakan berkuah yang berbahan dasar bayam adalah sayur bayam bunga telur. Bahan-bahan yang Anda butuhkan diantaranya adalah: 2 ikat bayam, garam, bawang putih, bubuk kaldu ayam, dan satu butir telur saja.

 

Leave a Reply