Asal Usul Manggarai Dan Sejarah Pasar Budak

, , Leave a comment

Nama Manggarai tentu sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia, selain kawasan yang ramai, Manggarai juga terkenal denngan luapan air yang datang ketika banjir. Tahukah Anda bahwa nama Manggarai sendiri memiliki hubungan yang sangat kuat dengan nama daerah yang berada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur? Konon Manggarai memang sebuah nama yang diberikan oleh para penghuni awal yang berasal dari Flores Barat.

Dikatakan bahwa orang-orang yang berasal dari Flores mulai tinggal di wilayah Manggarai pada tahun 1770. Mereka sengaja memberi nama tempat tersebut Manggarai karena mengingatkan mereka akan nama daerah asal kampung halaman. Pada awal abad ke-17, Manggarai merupakan pasar budak-budak yang didatangkan dari Manggarai, Flores Barat. Pada zaman dahulu, memiliki budak memang merupakan suatu penanda kelas sosial. Semakin banyak budak yang dimiliki, maka semakin tinggi pula kelas orang yang bersangkutan.

Seiring berjalannya waktu ketika perbudakan sudah sangat sepi, maka yang diperjual belikan di Manggarai adalah rumput, maka lahirlah nama Pasar Rumput yang sampai saat ini pasti Anda kenal. Manggarai yang saat ini Anda kenal memang telah ramai penuh dengan perumahan, ruko, pasar, hotel Manggarai, dan lain-lain. Padahal memang sejarah kelam Indonesia pernah terjadi di tempat tersebut, sama seperti perjual belian budak yang terjadi di Batavia.

Bukti bahwa nama Manggarai yang saat ini berada di Kota Jakarta Selatan memiliki kaitan dengan daerah di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur adalah terdapatnya Tari Lenggo. Dikatakan bahwa sebelum Perang Dunia ke II di Manggarai juga pernah ditemukan tarian yang sama, yakni Lenggo. Dengan bukti tersebut, maka bukanlah sesuatu yang mustahil apabila Tari Belenggo betawi merupakan perkembangan dari Tari Lenggo Bima. Berbagai buku mengenai asal usul nama Manggarai pun hingga saat ini banyak yang bermunculan.

Kawasan Manggarai di Jakarta Selatan yang kita kenal saat ini merupakan salah satu kawasan bisns paling ramai di Jakarta, maka tidak heran apabila masyarakat luar Jakarta pun banyak yang sengaja datang untuk melihat manggarai. Apabila Anda tinggal di luar Jawa, maka sesekali ketika liburan Anda dapat membawa keluarga Anda ke kawasan Manggarai untuk berbelanja dan lain-lain. Anda tidak perlu khawatir masalah penginapan, karena hotel Manggarai tersedia banyak bagi Anda. Salah satu yang terkenal adalah Yello Hotels yang menawarkan kualitas penginapan berkelas dnegan harga yang terjangkau.

 

Leave a Reply