Harga Model Baju Batik Modern Jenis Batik Tulis Mahal? Benarkah?

, , Leave a comment

 

Di Indonesia, kita mengenal banyak jenis batik dari masing-masing daerah penghasilnya. Semua memiliki ciri khasnya masing-masing. Sebagai contoh, batik Yogyakarta berbeda dengan batik Solo, begitu juga dengan Pekalongan yang memang memiliki julukan kota Batik memiliki ciri khas yang berbeda dari corak batiknya dengan yang dimiliki Yogyakarta maupun Solo. Terlepas dari daerah penghasil nya, pembuatan batik yang dikenal saat ini terbagi menjadi tiga kategori, yaitu batik tulis, batik cap dan batik print. Yang membedakan, bukan hanya sekedar teknik pembuatannya saja, melainkan juga harganya. Harga model baju batik modern jenis batik tulis cenderung lebih mahal daripada dua jenis batik lainnya.
 
Sejak dahulu kala, masyarakat suku Jawa memiliki suatu tradisi dan hasil kebudayaan batik yang saat ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan asli kebudayaan Indonesia. Tradisi ini merupakan warisan secara turun temurun dalam keluarga masyarakat suku Jawa. Saat ini, batik telah menjadi salah satu tradisi budaya yang sangat tersohor dan bahkan sudah diaplikasikan ke dalam berbagai aspek pencitraan, tak hanya sekedar busana saja. Sehingga semakin hari batik semakin diminati.
 
Batik tulis adalah jenis yang paling mahal daripada jenis batik cap dan batik print. Selain karena memiliki kualitas yang terbaik, batik tulis memang merupakan teknik otentik dari pembuatan batik.. Seiring berkembangnya zaman, batik tak hanya sekedar sehelai kain saja yang juga sering disebut dengan ‘jarik’, namun sekarang sudah banyak dijadikan model baju modern. Bahkan harga model baju batik modern jenis batik tulis ini harganya cukup mahal. Karena beberapa alasan:
 
1. Seluruh prosesnya dibuat secara manual.
Kain batik tulis melibatkan tenaga manusia dalam keseluruhan prosesnya, mulai dari menggambar pola dan motif batik sampai ke proses pewarnaan. Tangan terampil pengrajin batik menggambar pola dan corak batik yang indah di atas selembar kain dengan bantuan alat yang diberi nama canting yang sudah diisi dengan cairan parafin panas. Proses ini dianggap memiliki keunggulan, salah satunya adalah corak atau motif batik yang sesuai dengan polanya sehingga kain batik tulis layaknya sebuah maha karya yang memiliki nilai seni yang tinggi.
 
2. Semakin rumit dan indah polanya, semakin mahal.
Karena masih menggunakan tenaga manusia sepenuhnya, otomatis semakin rumit atau semakin indah polanya, kain batik akan jadi lebih mahal. Sebab dalam proses pembuatannya memerlukan kesabaran, ketelitian dan keuletan yang tinggi untuk dapat menghasilkan karya yang terbaik. Oleh karena itu, tidak semua orang dapat menghasilkan karya seni batik ini.
 
3. Prosesnya memakan waktu yang lama.
Membuat batik tulis juga tidak dapat selesai dalam waktu 1 hari saja. Proses pembuatan batik tulis ini pada umumnya bisa memakan waktu antara 1 hingga 6 bulan tergantung pada tingkat kerumitan motif batik serta proses pewarnaannya. Semakin lama prosesnya, maka dipercaya hasilnya juga akan semakin indah. Selain itu proses pencelupannya bisa berkali-kali sampai menghasilkan warna yang sempurna.
 
4. Pengrajin batik adalah orang-orang berjiwa seni.
Satu lagi yang menjadi alasan kenapa kain batik tulis mahal, yaitu karena para pengrajin batik ini juga dapat dikatakan sebagai seniman. Karena mereka menuangkan ide dan kreatifitasnya ke dalam corak atau motif batik yang tak semua orang dapat lakukan. Terlebih lagi jika kain batik tulis ini kemudian dijadikan model baju batik modern, harga model baju batik modern ini bisa 2 kali lipat lebih mahal daripada harga asli kain.

 

Leave a Reply