Serba-serbi Korea Selatan yang Harus Kamu Tahu

, , Leave a comment

Yakin kamu kenal sama segala hal yang berhubungan dengan Korea? Kali ini kita akan mengulas tentang serba-serbi Korea, mulai dari larangan saat berlibur ke Korea hingga makanan favorit khas Korea. Penasaran? Check this out!

Jangan lalukan hal ini saat liburan ke Korea

Wah, mending kamu jangan sekali-kali deh melakukan hal berikut ini saat berlibur Korea:

  1. Berisik di transportasi umum
    Sebaiknya turunkan volume suara kamu saat berbicara di dalam transportasi umum. Karna, kalau kamu berisik orang Korea tak segan-segan meminta kamu untuk segera turun.

  2. Makan lebih dulu
    Walaupun kamu sudah lapar banget, sebaiknya tahan deh rasa lapar kamu, sebelum orang tua atau orang yang lebih tua mulai makan.
    Jika kamu makan bersama orang tua, sebaiknya tunggu para orang tua atau orang yang berumur lebih tua dibandingkan kamu memegang sendok terlebih dahulu dan siap untuk makan.
    Lalu bagaimana jika kamu sudah selesai makan lebih dulu? Sebaiknya taruh sendok di dalam mangkuk nasi jika orang yang lebih tua belum selesai makan. Namun jika orang yang lebih tua sudah selesai makan, letakkan di atas meja.

  3. Jangan memamerkan punggung dan pundak
    Untuk kamu yang perempuan harap berhati-hati nih, sebaiknya tak memilih baju yang memamerkan punggung atau pundak.
    Perempuan yang memakai baju yang memamerkan pundak dan panggung akan dianggap perempuan yang kurang baik.
    Sedangkan, jika kamu mengenakan rok mini atau celana pendek, hal ini akan dinilai wajar dan dianggap bagian dari tren mode pakaian.

  4. Menulis nama dengan tinta merah
    Jika kamu mau menulis surat ulang tahun atau surat lainnya, sebaiknya hindari menggunakan tinta merah, karena surat tersebut akan dianggap sebagai surat kematian.

  5. Duduk di bangku prioritas meskipun kosong
    Mirip dengan Jepang dan Singapura, Korea juga melakukan hal yang sama. Kamu tak diperbolehkan duduk di bangku prioritas transportasi umum meskipun sedang kosong.

  6. Menerima dan memberikan dengan satu tangan
    Sebaiknya kamu jangan menerima dan memberikan barang atau berjabat tangan dengan satu tangan, karena hal itu akan dianggap kurang sopan.

  7. Menyentuh bahu dan kepala orang yang lebih tua
    Di Korea, kamu tak diperbolehkan menyentuh bahu atau kepala orang yang lebih tua. Bahkan dengan teman yang sudah dekat, namun umurnya lebih dewasa kamu tetap tak diizinkan melakukan hal ini.

  8. Menancapkan sumpit pada nasi
    Kamu sebaiknya jangan pernah menancapkan sumpit dalam posisi tegak berdiri pada nasi, karena masyarakat Korea menganggap hal ini kurang pantas.
    Menancapkan sumpit pada nasi ini akan dianggap sebagai nisan yang tertancap pada gundukan tanak kuburan atau dupa yang ditancapkan pada tanah kuburan saat berdoa di pemakaman.

Makanan khas Korea

Setelah mengulas larangan di Korea, saatnya kita membahas yang enak-enak. Yap, makanan Korea.

  1. Japchae
    Makanan khas Korea yang satu ini memang hampir mirip dengan Bihun Goreng yang sering kita temui di Indonesia.
    Japchae merupakan salah satu makanan favorit di Korea Selatan. Berbahan dasar sayuran, daging dan mi soun Korea yang terbuat dari kentang, menjadikan makanan ini terasa sangat spesial dan membuat kamu ingin terus merasakannya lagi dan lagi. Nggak percaya? Yuk, kita cicipi bersama-sama!

  2. Bibimbap
    Sekilas memang terlihat seperti nasi biasa pada umumnya. Tapi, Bibimbap ini merupakan salah satu nasi campur Khas Korea yang sudah menjadi favorit masyarakat sekitar.
    Ibarat kalau di Indonesia, makanan ini adalah Masakan Padang dengan kuah rendang yang nggak pernah boleh tertinggal.
    Yang membedakan Bibimbap dengan nasi lainnya adalah, nasi yang disajikan dengan telur, daging, sayur dan saus sambal khas Korea yang menjadikan cita rasanya berbeda dengan masakan lainnya.

  3. Ramyeon
    Kamu tentunya pasti pernah bertemu dengan Ramyeon atau yang biasa kita sebut dengan Ramen.
    Makanan khas Korea ini merupakan Mie Korea yang sangat populer dan sudah tersebar di seluruh penjuru Negara.
    Sebelumnya kamu pasti pernah merasakan Ramen Jepang dan akan bertanya-tanya, apa sih bedanya dengan Ramyeon Korea? Tentu beda! Dari cara penyajian pun saja sudah beda, Ramen Korea ini akan disajikan di atas panci yang lengkap dengan tutupnya.
    So, kamu bisa menikmati masakan Korea yang satu ini layaknya para pemain film Drama Korea yang sudah sering kamu lihat sebelumnya, Hehe.

  4. Tteokbokki
    Bentuknya yang menyerupai Sosis ini jadi salah satu makanan wajib yang harus kamu cicipi jika berkunjung ke Korea Selatan.
    Memiliki ciri khas tersendiri, yaitu merah, pedas, manis dan bertekstur kenyal ini terbuat dari kue beras yang sudah dicampur dengan daging yang lezat. Dijamin deh, kamu tidak akan pernah bisa melewatkan camilan khas Korea Selatan yang satu ini.

  5. Kimchi
    Jika kamu sering berkunjung ke Restoran Korea, tentunya kamu akan sering melihat makanan ini sebagai makanan penutup.
    Berbahan dasar Sawi Putih yang di fermentasikan bersama bumbu lainnya, dan dicampurkan dengan beberapa sayur lain seperti bayam, atau wortel.
    Makanan ini sudah menjadi favorit oleh para warga sekitar dan tentunya untuk para wisatawan juga. Jika tidak ada sawi, Kimchi juga bisa digantikan dengan lobak atau timun.

Butuh platform yang jual tiket pesawat ke Korea yang murah? Langsung saja dapatkan tiket promo pesawat terbang dari reservasi. Di Reservasi diskonnya berlimpah lho hingga Rp1 Juta.

 

Leave a Reply