Minuman Sehat untuk Berbuka Puasa

, , Leave a comment

Bulan Puasa tinggal sebentar lagi. Apa Bunda sudah menyusun menu untuk berbuka dan sahur? Jangan lupa ya Bunda, untuk selalu memperhatikan keseimbangan gizi pada menu berbuka dan sahur. Untuk menu berbuka puasa, biasanya memang kebanyak orang memilih untuk berbuka dengan minuman yang manis. Tentu saja ini adalah hal yang tepat. Tapi jangan asal manis ya Bunda. Berikut ini adalah beberapa minuman sehat untuk berbuka puasa.

Infused Water
Minuman yang terdiri dari air dan potongan buah ini memang mengandung banyak khasiat. Tak hanya itu cara membuatnya pun mudah. Bunda hanya perlu air, buah-buahan, dan sedikit gula. Buah-buahan yang dipakai dapat berupa apa saja. Campurkan semua bahan dan simpan dalam lemari es selama satu atau dua jam. Semakin lama buah-buahan tersebut direndam di dalam air, maka rasanya akan lebih enak.

Susu Kurma
Berbuka puasa dengan susu, tentu tidak adalah salahnya bukan? Apalagi susu mengandung lemak dan protein yang baik bagi tubuh. Susu yang dipadukan dengan kurma, akan semakin baik lagi. Rasa manis alami pada kurma pada segera menaikan gula darah pada tubuh yang hilang selama berpuasa. Untuk membuat susu kurma, Bunda membutuhkan segela susu sapi asli tanpa tambahan gula dan beberapa buah kurma yang sudah dibuang bijinya. Blender susu dan kurma hingga warna susu berubah menjadi kecoklatan. Disajikan dalam keadaan dingin akan lebih enak.

Air Kelapa
Air kelapa memang terkenal memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Jika dikonsumsi saat berbuka puasa dapat segera menggantikan ion pada tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa. Tidak heran jika buah yang satu ini menjadi incara banyak orang. Bunda dapat menyajikan air kelapa ini dengan tambahan susu atau pun sirup sehingga rasanya lebih enak.

Jus Buah
Minuman sehat lainnya yang dapat dikonsumsi saat berbuka puasa adalah jus buah. Buah yang cocok dikonsumsi untuk berbuka adalah buah yang memiliki rasa manis dan minimal dari rasa asam. Agar tetap sehat, hindari penambahan gula saat membuah jus buah. Alternatif lainnya Bunda bisa menambahkan beberapa buah kurma sebagai pemanis.

Itulah beberapa minuman sehat untuk berbuka puasa yang dapat Bunda sajikan saat berbuka nanti. Jangan lupa ya untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan selama berpuasa. Ingat selalu untuk makan secukupnya, agar sistem pencernaan tidak kaget.

 

Leave a Reply