4 Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Membeli Tiket Kereta Api

, , Leave a comment


 
Kereta api adalah sarana transportasi darat yang banyak dijadikan sebagai pilihan bagi masyarakat ketika ingin mengunjungi sebuah wilayah tertentu, hanya saja sampai sekarang memang masih ada keterbatasan hanya mereka yang berada di pulau jawa dan akan melakukan perjalanan di dalam pulau ini saja yang bisa menggunakan transportasi yang satu ini. Kenyamanan dan juga keamanan menjadi salah satu alasan banyak diantara masyarakat yang lebih senang memanfaatkan transportasi darat tersebut. Diimbangi dengan harga tiket kereta api yang cukup murah.
 
Musim menjelang lebaran seperti sekarang ini PT. KAI sendiri sudah menyiapkan beberapa gerbong tambahan untuk mengangkut penumpang, hanya saja juga tidak bisa dipungkiri karena animo masyarakat yang sangat tinggi maka jauh-jauh hari bahkan sebelum keberangkatan maka tiket sudah mulai terjual dengan habis. Anda sendiri juga pastinya merasakan, bahkan membeli tiketnya sama halnya dengan berburu hantu, sangat sulit, padahal sudah mulai membeli ketika jam-jam pembukaan pemesanan yang baru. Beberapa bahkan sudah mulai menyerah untuk mudik dengan kereta.
 
Sebenarnya Anda bisa mengatasi hal ini dengan keberadaan fasilitas pembelian secara online, tak asing lagi tentunya bahwa PT. KAI secara khusus memang memiliki sebuah website sendiri yang memungkinkan konsumen untuk membeli tiketnya secara mudah dan juga cepat. tanpa harus datang ke stasiun, bayangkan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk kesana, belum lagi terkadang antrian juga sudah mulai full. Tak ada jaminan untuk mendapatkan tiketnya.
 
Namun beli tiket kereta api sebaiknya juga harus berhati-hati agar tidak tertipu, beberapa kesalahan ini sering kali dilakukan oleh konsumen, sehingga merugikan dirinya sendiri, seperti diantaranya adalah:
 
#1. Tidak mengecek kembali data diri ketika melakukan pemesanan, sekarang ini sistem dalam pembelian tiket baik itu secara langsung maupun online memang dengan mengandalkan KTP. Sehingga untuk memastikan penumpang benar-benar terdaftar ketika naik sarana transportasi tersebut dan mendapatkan kursi yang diinginkan, untuk itulah pada proses pembelian nantinya Anda harus mengisi data diri lengkap. Sebaiknya lakukan check lagi, untuk menghindari salah tulis, akan sangat sayang jika Anda tidak boleh masuk hanya karena data diri yang dituliskan salah.

#2. Membeli jelang keberangkatan, berburu tiket kendaraan ini memang tidak semudah yang dibayangkan, apalagi untuk moment lebaran, karena tingkat kebutuhan masyarakat juga sangat tinggi, maka Anda yang terbiasa memesan secara mendadak sudah pasti akan kehabisan tiketnya, bahkan mereka yang terkadang memesan di hari dibukanya pendaftaran saja masih tidak bisa dapatkan, apalagi dekat-dekat hari keberangkatan. Sudah pasti semuanya akan sold out.

#3. Tidak update informasi dibukanya pembelian tiket, hal yang juga harus Anda hindari adalah kurangnya informasi, tanpa tau kapan waktu yang tepat tiket tersebut akan dijual, sudah pasti nantinya Anda akan telat dalam memesannya.

#4. Tidak memperhatikan waktu keberangkatan, hal ini yang juga sering kali dilakukan oleh konsumen, mereka asal memesan agar dapatkan kursi saja, namun tidak menetapkan waktu yang benar-benar pasti, khusus para pekerja tentunya ini sangat disayangkan, karena tiket yang sudah dipesan nantinya akan terbuang sia-sia. Pertimbangkan baik-baik waktu mudik Anda sebelum nantinya memesan.
 
Cukup dengan menghindari 4 hal tersebut, maka mudik dengan menggunakan kereta bisa jadi jauh lebih aman dan nyaman, tak kena terlalu banyak pengeluaran juga di kantong, kecuali memang sudah benar-benar terpaksa maka banyak yang mengandalkan jasa calo tiket kereta api.

 

Leave a Reply