Pentingnya Ibu Hamil Makan Makanan yang Sehat

, , Leave a comment

Punya anak adalah idaman setiap pasangan yang baru saja menikah. Namun, tidak semua pasangan langsung diberi anugerah berupa momongan. Ada yang harus menunggu 2 bulan baru istrinya hamil, ada yang menunggu sekitar 1 tahun, ada lagi yang menunggu bertahun-tahun tak kunjung hamil juga. Mendapat kabar istri hamil adalah kabar gembira yang membuat kegembiraan tiada tara bagi seorang suami. Pasalnya dia sudah berhasil menangkal statement mandul yang kadang menjadi momok di masyarakat kita ini. Padahal kita tahu bahwa punya anak atau tidak itu adalah urusan takdir Alloh. Tugas manusia hanya berusaha saja.

Sebagai salah satu bentuk rasa syukur istrimu yang bisa hamil, tentu saja kamu harus menjaga istrimu agar kehamilannya tetap terjaga dan istri juga sehat. Untuk menjaga kesehatan ini perlu berbagai macam hal yang harus dilakukan, salah satunya adalah istri harus diberi makanan sehat dan bernutrisi tinggi. Karena kita semua tahu bahwa ibu yang sedang hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi dibandingkan yang tidak hamil.

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil dan janin yang ada di kandungannya.

Makanan sehat yang pertama adalah gandum utuh. Gandum utuh ini memiliki kelebihan dalam hal asam folat. Jika dibandingkan dengan nasi, gandum utuh ini lebih banyak mengandung asam folat. Asam folat ini digunakan untuk menghindari resiko anak cacat sejak di dalam kandungan.

Selain gandung utuh, kamu juga bisa memberikan kacang-kacangan kepada ibu yang sedang hamil. Kacang-kacangan ini mengandung banyak nutrisi seperti: kaya akan zat besi, protein, folat, kalsium, dan seng. Di mana nutrisi-nutrisi yang ada di dalam kacang-kacangan tersebut sangat dibutuhkan oleh janin yang ada di perut ibu.

Ikan salmon juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya ikan salmon ini mengandung sumber terbaik asam lemak omega-3. Yang mana, asam lemak omega-3 tersebut digunakan untuk mendukung pertumbuhan otak dan mata janin. Ikan salmon ini juga mengandung protein dan vitamin B serta rendah merkuri jika dibandingkan ikan lainnya.

Jika kamu kesulitan mendapatkan beberapa makanan di atas, kamu juga bisa memberikan telur, sayur, dan buah pada ibu hamil. Telur banyak mengandung sumber protein tinggi dan asam amino yang sangat diperlukan janin. Selain itu juga mengandung vitamin dan mineral termasuk kolin yang sangat bagus untuk perkembangan otak janin di dalam kandungan. Sedangkan sayur dan buah ini mengandung banyak vitamin yang sesuai dengan jenis sayur atau buahnya.

 

Leave a Reply