Memilih AC yang Hemat Listrik, Bagaimana Caranya?

, , Leave a comment

Sebelum membeli AC, banyak orang yang berpikir apakah nantinya AC itu akan memberatkan tagihan listrik atau tidak. Karena itu kemudian banyak yang bertanya apa merk ac yang bagus, awet, dan hemat listrik?
Kalau kita telaah lebih jauh mengenai pertanyaan tadi, sebetulnya kriteria orang dalam memilih AC itu bisa terangkum sebagai berikut:

  1. AC yang berkualitas

  2. AC yang daya listriknya rendah.

Nah, kali ini, kita akan mengulas bagaimana cara menemukan AC yang hemat listrik tersebut.

  1. AC dengan inverter
    Ini yang perlu Anda perhatikan terlebih dulu saat mencari di website jual AC, apakah AC tersebut dilengkapi dengan inverter atau tidak? AC dengan inverter itu membuat pemakaian listrik dapat ditekan seminim mungkin sehingga biaya listrik yang perlu Anda bayar pun tetap hemat.

  2. Sesuaikan dengan ukuran ruangan
    AC yang Anda beli tersebut harus disesuaikan dengan luas ruangan. Hindari membeli AC yang kemampuannya kurang atau lebih dari area ruangan. Sebab itu dapat membuat AC tidak bekerja secara optimal sesuai kemampuannya.
    Sebagai contoh untuk ruang seluas 16m2, Anda bisa memilih Ac dengan kapasitas 1 PK.

  3. Watt AC
    Ya, ini juga sangat menentukan apakah AC tersebut hemat listrik atau tidak. Tiap merek AC itu memiliki daya listrik yang berbeda. Sebagai contoh, untuk AC dengan kapasitas 1 PK itu berdaya antara sekitar 800-900 watt. Nah, Anda bisa bandingkan antar merek AC tersebut, AC apa yang watt-nya lebih kecil.

  4. Benar dalam Penggunaan
    Sebaiknya tidak menyetel AC pada suhu yang terlalu dingin misalnya di bawah 20 derajat. Sebab konsumsi listriknya pun akan lebih besar. Lebih baik, Anda mengatur suhu AC itu pada suhu yang standar seperti misalnya pada 25 derajat. Yang penting suhu ruangan tetap adem dan tidak terlalu panas.

Nah seperti itulah tips membeli AC yang bisa Anda lakukan jika ingin mencari yang hemat listrik. Kalau untuk website jual AC murah bisa ditengok di JD.ID. Situs tersebut menyediakan daftar harga AC Hemat listrik dengan berbagai spesifikasi dan keunggulan.

 

Leave a Reply