7 Tips Memulai bisnis properti

, , Leave a comment

search results for denah rumah sederhana gambar desain properti

Bisnis properti sangat menjanjikan. Iming-iming untung yang banyak tentu saja yang membuat orang banyak tertarik untuk menggelutinya. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak tahu dari mana harus memulai. Banyak di antara mereka yang justru berpikir bahwa untuk bisa berbisnis properti, mereka membutuhkan dana yang besar. Padahal, berbagai jenis bisnis, termasuk property bisa dimulai dengan modal yang kecil.

Jika ingin sukses, 7 tips bisnis properti berikut ini sebaiknya Anda ingat.

Mulailah mencari tanah

Pada tahap awal, dengan modal yang tidak terlalu besar Anda bisa memulai mencari tanah. Tanah kavlingan bisa dijadikan sebagai investasi sekaligus untuk memulai.

Selain melihat iklan, Anda perlu jalan-jalan

Berbagai informasi mengenai properti sumbernya sangat beragam, mulai dari koran hingga internet. Namun di samping itu, kadang-kadang ada banyak properti yang dijual dengan harga murah namun tidak dimasukkan ke dalam iklan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda sering jalan-jalan untuk melihat-lihat dan mengetahui beberapa lahan atau properti yang dijual.

Mulailah dengan sewa-menyewa

Jika Anda punya lahan berupa tanah atau rumah, Anda bisa menyewakannya untuk mengumpulkan modal. Atau, jika ada kelebihan kamar, Anda juga bisa membuka kos-kosan. Apalagi jika Anda tinggal atau punya rumah di tempat-tempat yang banyak mahasiswa.

Mulailah berbisnis properti di lingkungan yang Anda kenal

Lingkungan yang paling Anda kenal tentu saja lingkungan tempat Anda tinggal saat ini. Membeli dan menjual rumah di lingkungan yang paling Anda kenal akan memudahkan Anda dalam banyak hal.

Pelajari metode jual beli

Jual beli tanah atau properti membutuhkan dasar hukum yang kuat dan biasanya melibatkan notaris. Pelajari apa saja yang dibutuhkan untuk jual beli properti agar Anda tidak rugi atau tertipu. Selain dengan mengecek keabsahan sertifikat di Badan Pertanahan Nasional (BPN) atau melalui notaris, Anda juga perlu menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai tanah atau properti yang akan diperjualbelikan.

Kemampuan berbicara Anda adalah modal utama

Kemampuan berbicara merupakan model yang paling berharga dalam bisnis properti. Semakin pintar Anda menawar, maka akan semakin mudah Anda mendapatkan properti yang diinginkan dengan harga ringan. Dengan kemampuan berbicara yang baik, Anda juga bisa menawarkan kerjasama dengan pemilik modal (investor).
Lebih dari itu, kemampuan berbicara akan membuat Anda lebih mudah meyakinkan calon pembeli saat menjual rumah.

Bekali diri dengan profesionalitas

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memasuki bisnis jual beli property adalah profesionalitas. Semakin terpercaya dan semakin profesional Anda, maka akan semakin banyak semakin mudah Anda menjual. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan mengenai profesionalitas antara lain:

  • Anda setidaknya harus punya kantor tetap.
  • Punya kartu nama
  • Punya website profesional yang didukung social media.
  • Punya kontak berupa: nomor telepon, email, hingga nomor messenger seperti WhatsApp.
 

Leave a Reply