Cara Mengajari Anak Usia Dini Membaca

, , Leave a comment

Sebagai orang tua tentu kita menginginkan hal terbaik untuk anak-anak. Sehingga tidak heran banyak orang tua yang berbondong-bondong untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah terbaik. Tapi tahukah kamu, jika ternyata niat baik kita sebagai orang tua juga harus diiringi dengan cara mendidik yang baik.

Betapa banyaknya orang tua yang memaksakan anaknya agar dapat membaca atau berhitung sejak dini. Padahal diusia satu hingga lima tahun, si kecil masih dalam fase bermain yang seharusnya dibiarkan bermain bukan dipaksa untuk belajar. Jika memang kamu menginginkan si kecil dapat mengenal huruf dan angka tentu harus dengan cara yang tidak membuat si kecil merasa tertekan. Itulah sebabnya banyak sekali mainan edukasi. Agar si kecil tetap dapat belajar tanpa harus merasa terpaksa.

Bagi kamu yang mempunyai anak yang sebentar lagi akan memasuki usia sekolah. Ada baiknya untuk mulai mengajari si kecil dengan metode yang mudah diterapkan. Berikut adalah cara mengajari anak membaca.

Hindari Membentak Anak
Bagi anak kecil membaca memang bukan hal yang mudah. Jadi kamu harus maklum dan banyak bersabar ketika si kecil belum dapat mengeja huruf dengan benar. Hindarilah bentakan atau kata-kata yang dapat membuat si kecil merasa enggan untuk membaca. Usahakan untuk tetap mengapresiasi apa yang sudah si kecil katakan. Jika memang belum benar, maka koreksilah dengan cara yang baik. Jangan langsung menyalahkan apa yang dikatakan si kecil, apresiasilah terlebih dahulu usahanya dalam membaca baru katakan kekeliruannya saat membaca.

Mulailah dengan Kosakata yang Familiar
Ketika si kecil belajar membaca, tentunya akan lebih mudah ketika si kecil sudah mengetahui kata yang akan diajarkan. Misalkan si kecil sudah hafal nama-nama buah. Kamu bisa memberikannya tulisan dengan nama-nama buah yang sudah dikenal si kecil. Sehingga si kecil dapat dengan mudah membacanya.

Membaca Bersama
Mengajak si kecil untuk membaca bersama akan sangat berpengaruh pada si kecil dalam belajar membaca. Kamu dapat memilih buku yang memiliki gambar dan teks yang tidak terlalu panjang. Usahakan untuk hindari buku yang memiliki cerita terlalu panjang. Karena akan membuat si kecil merasa bosan. Saat membaca bersama si kecil tunjuklah kata-kata yang sedang kamu baca. Agar si kecil ikut memperhatikan apa yang dibacakan. Setelah selesai membaca, kamu dapat menanyakannya ulang kepada si kecil tentang cerita yang baru saja dibacakan.

 

Leave a Reply