IBX58263DEBBD10B

Dua Cara Mencuci Gorden

16 January 2017

Semua orang pasti ingin memiliki rumah sendiri. Bahkan ada yang rela mengambil program KPR untuk memiliki rumah sendiri. Sayangnya kebanyakan orang yang mengambil program KPR ini mengalami kesusahan yang bukan main. Pasalnya memang mengambil cicilan KPR ini melelahkan hati, apalagi kita tahu sendiri bahwa KPR ini biasanya berlangsung selama 15 tahun. Bayangkan bagaimana rasanya 15 tahun selalu terbayangi oleh utang. Baiklah lupakan tentang KPR yang menyusahkan tersebut. Anggap saja sekarang kamu punya rumah sendiri, atau setidaknya kamu mengontrak. Nah, untuk memperindah tempat tinggal milikmu, tentu saja sang istri akan memasang banyak aksesoris dan perabotan di dalam rumahnya. Salah satu aksesoris yang sering dipasang adalah gorden.

Gorden ini memang bisa memperbagus penampilan ruang tamumu khususnya di bagian jendela. Bahkan beberapa orang rela membeli gorden yang mahal hanya untuk mempercantik tampilan rumahnya. Nah, karena gorden ini cukup besar maka tidak sedikit orang yang kesulitan mencuci gordern yang sudah kotor. Berikut ini adalah dua macam cara mencuci gorden yang kotor.

Mencuci Gorden dengan Mesin Cuci

Cara mencuci dengan mesin cuci ini memang tergolong mudah dan tidak melelahkan. Namun, sayangnya tidak semua gorden bisa dicuci dengan mesin cuci. Biasanya di gorden tersebut terdapat tanda bahwa gorden tersebut bisa dicuci dengan mesin cuci atau tidak. Ada beberapa jenis gorden yang tidak dapat dicuci dengan mesin cuci, antara lain gorden yang berbahan sutra, wol, rayon, dan bahan tipis dan halus lainnya. Jika gorden yang kamu punyai bukan termasuk yang berbahan tersebut, tetap saja kamu harus hati-hati sebelum mencuci gorden tersebut. Pastikan tidak ada bagian gorden yang berumbai dan berbordir ikut dicuci dengan mesin cuci. Untuk bagian gorden tersebut harus dipisahkan dan dicuci manual dengan tangan. Selain itu, saat mencuci gorden hendaknya gunakan air dingin dan deterjen yang lembut dan harum.

Mencuci Gorden dengan Tangan

Cara lainnya yang agak menyusahkan adalah mencuci gorden dengan tangan. Cara ini memang agak susah namun lebih aman karena kita bisa menyesuaikan kekuatan mencuci kita tergantung jenis bahan gordennya. Dalam pencucian dengan tangan, sebelumnya gorden direndam dulu selama 2 hingga 3 jam. Fungsinya adalah agar debu dan kotoran lainnya bisa sebagian hilang dan itu meringankan kita saat pencucian. Setelah itu kucek gorden tersebut secara perlahan dengan menggunakan deterjen yang lembut dan wangi. Setelah dikucek, rendam kembali gorden tersebut pada air yang sudah dicampur dengan deterjen lembut selama 30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Itulah dua cara mencuci gorden yang bisa kamu coba. Semoga info ini bermanfaat.