Pentingnya Menjaga Makanan yang Dikonsumsi

Semua sepakat bahwa sehat adalah hal yang berharga. Banyak orang di rumah sakit yang rela membayar mahal untuk bisa sehat kembali. Bahkan sampai semua kekayaannya dijual demi bisa sehat kembali. Banyak orang yang tidak sadar bahwa sehat itu mahal dan harus benar-benar dijaga dengan baik. Salah satu cara agar tetap sehat adalah menjaga makanan yang dikonsumsi.

Penyakit anak Adam di dunia ini kebanyakan disebabkan oleh yang ada pada perutnya. Maksudnya di sini adalah makanan yang dikonsumsi. Jika dia makan makanan secara sembarang dan tidak memperhatikan kebersihan, kandungan gizi, dan bahayanya maka sudah tidak kaget lagi jika tiba-tiba terkena penyakit. Salah satu contohnya adalah ketika kamu memakan makanan yang pedas. Maka secara tidak langsung pagi harinya kamu akan mengalami sakit perut yang dahsyat ketika hendak buang air besar. Pada saat buang air besar pun kamu akan menderita karena rasa panas yang diakibatkan karena makanan pedas yang sudah diolah oleh perutmu.

Tak hanya dari segi tingkat kepedasan makanan saja. Kebersihan makanan juga harus diperhatikan. Terutama jangan suka jajan di pinggir jalan yang tidak jelas status tingkat kebersihannya. Biasanya nih anak kecil yang sedang berada di bangku sekolah dasar sangat suka sekali jajan di sekolah dan kadang penjualnya kurang peduli dengan kebersihan makanan yang dia jual. Efek dari memakan makanan yang kurang bersih bisa menimbulkan diare hingga radang pada usus dan menyebabkan muntah berak (muntaber). Selain melihat tingkat kebersihan makanannya, sebelum makan juga harus cuci tangan dulu karena tangan sangat rentan dihinggapi banyak sekali kuman penyakit. Kebersihan makanan dan tangan adalah kunci utama cara mencegah sakit perut yang sering diderita banyak orang.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kandungan gizi pada makanan tersebut. Jangan sampai asal kenyang saja. Tubuh juga butuh makanan yang bergizi. Jika tubuh kekurangan gizi maka bisa menimbulkan perkembangan organ tubuh yang kurang optimal. Misal anak kecil yang sangat jarang diberi asupan gizi biasanya memiliki tubuh yang kurus dan pendek. Sangat berbeda dengan anak yang gizinya terpenuhi, tubuhnya berisi dan tinggi.

Di atas ada hal-hal yang perlu diperhatikan dari aspek kebendaan. Di sisi lain, ada aspek lainnya yang sangat mempengaruhi kesehatan, yaitu aspek kehalalan makanan yang dikonsumsi. Sebelum mengkonsumsi makanan pastikan makanan tersebut adalah makanan yang halal dan didapatkan dengan cara yang halal pula. Karena kehalalan ini membawa berkah dan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, diakui maupun tidak diakui faktanya memang berpengaruh.