Enakan Masak Sendiri di Rumah atau Beli Makanan Siap Saji?

Makan di restoran memang enak dan menyenangkan. Akan tetapi, kadang-kadang, makan di luar membuat kita lebih beresiko. Diantara beberapa Resiko yang biasanya akan kita tanggung jika makan di restoran, di warung makan atau diluar rumah adalah:

Kebersihannya yang kurang terjaga, baik itu makanan maupun tempat yang digunakan. Kadang-kadang, kita masih sering menemukan warung-warung sederhana yang kurang menjaga kebersihan, terutama kebersihan air yang digunakan untuk mencuci berbagai peralatan makan.

Selain kurangnya jaminan kebersihan, jaminan kesehatan juga terkadang tidak dipedulikan oleh beberapa pedagang makanan. Masih banyak ditemukan pedagang-pedagang yang kadang menggunakan penyedap rasa terlalu banyak, menggunakan bahan-bahan yang sudah hampir expired, menggunakan bahan-bahan yang sudah tidak lagi segar, atau menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti boraks, warna, pengawet, dan bahan-bahan kimia berbahaya lainnya.

Berbagai resiko tersebut tentu saja harus kita tanggung jika memilih untuk membeli makanan di luar rumah. Sebaliknya, makanan rumahan pada umumnya jauh lebih sehat dan lebih terjamin karena kita sendiri yang memilih bahan-bahannya, kita sendiri yang mengolahnya, dan kita sendiri juga lah yang membersihkan berbagai peralatan masak yang akan digunakan.

Jadi tidak mengherankan apabila makan di rumah jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan makan di luar rumah.

Bagi Anda yang selama ini mungkin masih sering beli makanan di luar rumah dan berfikir untuk mulai menghentikan kebiasaan tersebut dengan memasak sendiri di rumah, tapi bingung mau masak apa? Anda bisa mencari beberapa ide resep masakan rumah dan mencobanya sendiri.

Berbagai resep masakan saat ini tidak sulit untuk didapatkan. Karena makin banyak aja blogger yang mau berbagi berbagai resep masakan yang mereka buat mulai dari yang sederhana hingga yang ribet. Tapi bagi saya sendiri, saya lebih suka memasak masakan yang sederhana.

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan masak sendiri di rumah, selain jaminan kesehatan dan kebersihan, masak sendiri di rumah juga akan membuat kita jauh lebih irit dan bebas menentukan mau masak apa.

Apalagi kalau anggota keluarga punya selera macem-macem. Selain itu, masak di rumah juga bisa membantu kita mempersiapkan stock makanan. Sehingga, apabila sewaktu-waktu lapar atau anak lapar, kita bisa langsung pergi ke dapur dan mempersiapkan makanan untuk dimakan kapan saja.

Sedangkan bagi Anda yang masih belum percaya diri dengan masakan sendiri, Anda bisa mencari beberapa resep di YouTube. Dengan langsung melihat video bagaimana cara mengolah dan memasak, akan memudahkan Anda untuk menghindari kesalahan-kesalahan dalam mengolah dan membuat makanan. Sehingga, rasa yang didapatkan bisa mendekati rasa aslinya.