Cara agar Tidak Tertipu Travel Umroh

, , Comments Off on Cara agar Tidak Tertipu Travel Umroh

Memang miris kalau kita ingat-ingat lagi ternyata masih banyak orang-orang yang suka berbuat tidak jujur alias suka menipu dan hanya mementingkan uang semata. Tidak tanggung-tanggung, perjalanan ibadah seperti umroh atau haji juga tidak luput dari aksi penipuan dengan berbagai kedok dan iming-iming.

Oleh sebab itu, kita sebagai jamaah juga harus berhati-hati dalam memilih travel umroh yang paling tepat agar tidak terkenal penipuan yang tentu saja akan mengakibatkan berbagai kerugian, baik secara finansial maupun kesempatan untuk beribadah ke tanah suci.

Biasanya, ketika kita memilih travel untuk umroh, kita akan mencari yang ada di kota masing-masing. Misalnya, jika tinggal di kota Bandung, jelas kita juga harus memilih travel umroh terbaik di Bandung. Memilih travel umroh terbaik berdasarkan berbagai kriteria adalah sebuah keharusan.

Kalau kita ingin terhindar dari berbagai bentuk penipuan, setidaknya beberapa cara memilih travel berikut ini harus diikuti.

Pilihlah travel yang resmi dan terdaftar

Yang paling utama saat memilih travel umroh, kita harus mengetahui dengan pasti bahwa travel umroh tersebut sudah terdaftar di Kementerian Agama.

Biasanya, Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) yang resmi pasti terdaftar dan sudah mengantongi izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Untuk mengetahui apakah travel umroh tersebut benar-benar resmi atau tidak, Anda bisa mendatangi Departemen Agama di daerah masing-masing dan menanyakan apakah travel umroh yang akan Anda pilih tersebut, apakah benar-benar terdaftar dan resmi?

Atau yang paling mudah kita bisa mengeceknya di website Kementerian Agama. Apabila nama travel umrah tersebut ada di sana, maka sudah pasti travel umroh tersebut resmi atau sudah terdaftar.

Bijak dalam memilih paket umroh

Setiap orang memiliki kemampuan ekonomi yang berbeda-beda. Tidak terlalu memaksakan diri untuk memilih paket umroh yang menawarkan berbagai hal termasuk tour ke berbagai tempat akan membantu kita menghemat lebih banyak biaya terlebih jika memang budget yang kita miliki sangat terbatas.

Jangan juga mudah tergiur dengan biaya umroh yang murah. Karena kadang-kadang, ini adalah indikasi dari sebuah penipuan. Walaupun tidak semua demikian, namun alangkah baiknya kita tetap berhati-hati.

Periksa tanggal keberangkatan

Tanggal keberangkatan biasanya sangat pasti berdasarkan quota VISA. Jadi agen travel yang resmi akan memberikan tanggal keberangkatan yang pasti mulai dari jam, hari, dan tanggal serta tahun berdasarkan booking tiket pesawat pulang-pergi dari maskapai tertentu. Jadi, jika hanya diberikan bulannya saja, anda perlu waspada.

Cek visa umroh

Agar tidak menjadi korban penipuan travel umroh, sebaiknya cek visa dengan mengkonfirmasinya ke bagian PPUI setempat untuk memastikan.

Alternatif tempat menginap

Agar ibadah di tanah suci lancar , tempat menginap harus dipertimbangkan. Perhatikan terlebih dahulu tawaran yang diberikan oleh travel umroh sebelum mengambil sebuah paket.

Karena lokasi hotel yang sedikit jauh dari Masjidil Haram atau dari Masjid Nabawi akan sedikit merepotkan, apalagi bagi anda yang sudah berusia lanjut.

Setelah diberikan informasi mengenai nama hotel, bintang berapa, dan lokasi hotel, segeralah mengecek kebenaran hotel dan lokasinya melalui website.

Berhati-hatilah terhadap berbagai jenis penawaran-penawaran yang menggiurkan terutama yang menawarkan travel umroh dengan biaya sangat murah. Selain itu, agar lebih pasti, pilihlah travel umroh yang benar-benar sudah terpercaya. Cara mengetahuinya bisa dengan menyadap informasi-informasi yang disampaikan oleh rekan atau teman atau keluarga yang pernah pergi umroh.