Cara Mencegah agar Bronkitis Tidak Menjadi Kronis dan Berbahaya

Bronkitis kronis adalah peradangan yang terjadi pada saluran bronkial (saluran udara yang memungkinkan udara untuk keluar dan masuk dari mulut ke paru-paru). Biasanya, penyebabnya adalah virus atau bakteri. Meski demikian, kadang-kadang bisa juga disebabkan oleh polusi atau asap.

Bronkitis bisa bertahan/berlangsung selama 5 hari atau lebih. Bronkitis akut biasanya bisa bertahan hingga 10 atau 20 hari. Jika berulang kali terkena bronkitis akut, bronkitis tersebut bisa berbahaya dan berubah menjadi bronkitis kronis.

Gejala bronkitis

Ada banyak gejala bronkitis yang bisa kita lihat dan kita temukan pada orang yang mengalaminya. Diantaranya adalah:

  • Sesak nafas
  • Batuk
  • Berdahak
  • Demam
  • Kelelahan

Agar tidak berbahaya, ada beberapa cara mencegah bronkitis kronis, diantaranya adalah:

Hindari asap rokok

Seperti yang telah disampaikan di atas, sebenarnya bronkitis bisa disebabkan karena asap. Salah satu penyebabnya adalah asap rokok. Kebiasaan merokok bisa menyebabkan penyakit bronkitis. Jadi, cobalah untuk berhenti merokok atau menghindari tempat-tempat yang berasap. Jika terjadi kebakaran hutan di sekitar tempat Anda tinggal, sebaiknya cobalah untuk menggunakan masker.

Mintalah vaksinasi

Kadang-kadang, bronkitis bisa disebabkan karena virus influenza. Menggunakan vaksin flu untuk melindungi diri dari penyakit flu atau virus penyebab flu adalah cara yang bisa dipertimbangkan untuk mencegah agar tidak terkena bronkitis kronis.

Rajinlah cuci tangan

Untuk mengurangi resiko terkena infeksi virus, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah menyentuh berbagai benda-benda kotor seperti sampah, setelah membersihkan berbagai perabotan rumah tangga, atau yang paling penting, cucilah tangan dengan sabun sebelum makan.

Gunakan masker

Jika Anda terkena bronkitis, sebaiknya gunakan masker pada saat pergi ke tempat kerja. Karena bronkitis yang disebabkan karena virus biasanya menular. Jadi, agar tidak menyebabkan orang lain terkena bronkitis, sebaiknya Anda mengenakan masker yang mampu memfilter bakteri atau virus.

Itulah beberapa cara mencegah bronkitis agar tidak menjadi akut dan tidak menular. Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa orang yang biasanya terkena bronkitis karena paparan polutan, asap rokok, atau agen lingkungan lainnya tidak menular. Yang menular hanyalah bronkitis yang disebabkan karena virus atau bakteri.

Jika bronkitis tampak berbahaya yang dapat menyebabkan: sesak nafas, sakit pada dada, demam tinggi, batuk berdarah, pembengkakan pada tenggorokan, atau mengi, sebaiknya Anda segera pergi ke pusat pelayanan medis dan meminta bantuan profesional medis (dokter).