IBX58263DEBBD10B

Bagaimana Cara Mencuci dengan Mesin Cuci Otomatis?

15 December 2016

Ibu-ibu rumah tangga pasti sudah tidak asing dengan cuci-mencuci. Tapi yang jelas, pekerjaan ibu rumah tangga saat ini semakin mudah karena adanya berbagai bantuan teknologi modern. Mencuci pakaian misalnya, jika dahulu ibu-ibu masih membawa berbak-bak cucian dan harus mencuci secara manual hingga berjam-jam, saat ini pemandangan tersebut sudah mulai jarang kita lihat karena sebagian besar ibu-ibu modern mengandalkan mesin cuci.

Salah satu jenis mesin cuci modern yang sudah banyak diadopsi oleh ibu rumah tangga adalah mesin cuci otomatis. Namun sayangnya, tidak semua ibu mengerti dan paham bagaimana cara menggunakan mesin cuci otomatis.

Karena salah-salah, mesin cuci justru bisa menjadi malapetaka. Terlebih jika cara mencuci untuk berbagai jenis pakaian yang rentan rusak. Jadi, tidak hanya ketika mencuci secara manual kita harus memisahkan antara pakaian-pakaian yang rentan rusak dengan pakaian-pakaian yang awet dan kuat, yang terbuat dari bahan-bahan katun atau jeans.

Cara mencuci dengan mesin cuci otomatis sebenarnya sangat sederhana walau demikian, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan.

<

h3>
Berbagai kelebihan mesin cuci otomatis

<

h3>
Dibandingkan dengan mesin cuci manual, mesin cuci otomatis jauh lebih praktis karena kita hanya men-setting satu kali dan kemudian membiarkan mesin cuci menyelesaikan sisanya hingga pakaian siap dijemur.

Mesin cuci otomatis juga biasanya memiliki kapasitas cuci yang lebih banyak dibandingkan dengan mesin cuci manual.

Mesin cuci otomatis yang umumnya memiliki satu tabung sangat memudahkan. Karena mesin cuci ini bisa mengisi air sendiri, membuang sendiri, membilas sendiri, dan kemudian mengeringkan pakaian.

Cara mencuci dengan mesin cuci otomatis

Langkah-langkah mencuci dengan mesin cuci otomatis diantaranya adalah:

  1. Pisahkan terlebih dahulu pakaian-pakaian yang sekiranya luntur untuk dicuci secara terpisah.
  2. Pisahkan juga pakaian-pakaian yang rentan rusak karena mesin cuci otomatis biasanya mencuci dengan lebih kasar dibandingkan dengan mencuci manual. Sehingga, pakaian yang tampaknya mudah rusak seperti gorden, kebaya, atau pakaian sejenisnya harus dipisahkan.
  3. Setelah itu masukkan pakaian-pakaian tersebut ke dalam mesin cuci.
  4. Tuangkan deterjen di tempat khusus. Jika ingin menggunakan mesin cuci otomatis, Anda dianjurkan menggunakan deterjen matic yang memang diformulasikan untuk mesin cuci.
  5. Setting-lah tinggi air sesuai dengan jumlah pakaian atau banyaknya pakaian yang dimasukkan. Atur siklus pencucian.
  6. Pakaian pakaian yang berwarna gelap sebaiknya menggunakan air dingin untuk pencucian.
  7. Pakaian pakaian yang berwarna cerah seperti pakaian berwarna putih sebaiknya menggunakan suhu yang lebih tinggi, terlebih jika nodanya terlalu banyak.
  8. Selanjutnya tekan “start” dan anda hanya tinggal menunggu hingga mesin cuci selesai mengerjakan tugasnya

Setelah proses mencuci pakaian selesai, biasanya mesin cuci otomatis akan mengeluarkan alarm atau bunyi-bunyi tertentu yang menandakan bahwa proses pencucian sudah selesai. Dan mesin cuci akan otomatis mati. Selanjutnya, pakaian yang sudah selesai dicuci dengan mesin cuci otomatis bisa diangin-anginkan untuk dikeringkan secara sempurna.