Apa Aja Sih Minuman Tradisional yang Segar dan Nikmat?

Di Indonesia, sebenarnya masih ada banyak minuman tradisional yang bisa kita temukan hingga saat ini. Sebut saja cendol, es doger, es oyen, sekoteng, bajigur, hingga bir pletok. Tidak hanya itu, masih banyak jenis minuman tradisional lainnya yang hingga saat ini masih bisa kita temukan walaupun sedikit lebih sulit dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu.

Apa saja sih minuman tradisional yang segar dan nikmat dan masih bisa kita temukan saat ini? Saya punya beberapa daftarnya. Berikut diantaranya.

Es cendol

Es cendol adalah salah satu minuman tradisional yang lumayan banyak ditemukan di berbagai daerah. Es cendol sendiri dibuat dari berbagai bahan. Ada yang membuatnya dari tepung beras ada juga yang membuatnya dari sagu.

Es cendol dibawah tahun 2000-an sangat populer terutama di sekolah-sekolah maupun di warung-warung kecil.

Tuak manis

Tuak manis (air aren) biasanya diambil dari pohon aren atau dari pohon kelapa. Air tuak manis belum dicampur ragi atau belum mengalami fermentasi sehingga tidak memabukkan apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Berbeda dengan tuak yang sudah mengalami fermentasi yang apabila diminum dalam jumlah yang sedikit banyak akan menyebabkan tertekannya pusat saraf, sehingga orang yang meminumnya tidak mampu untuk berpikir dengan jernih atau mengkoordinasikan otak dengan anggota badannya yang lain.

Es dawet

Es dawet juga merupakan salah satu minuman segar yang cocok diminum pada saat siang hari. Ketika cuaca sedang panas, minuman ini bisa menjadi pelega tenggorokan sekaligus mengenyangkan perut. Tidak hanya di daerah Jawa, namun saat ini es dawet atau cendol dawet juga cukup populer di beberapa daerah lainnya. Bahan utama cendol dawet biasanya terbuat dari tepung beras atau sagu.

Es Oyen

Di luar pulau Jawa, es oyen mungkin masih terdengar asing. Akan tetapi di daerah Jawa terutama di Jawa Timur, es oyen sangat terkenal. Es ini terasa segar saat dinikmati pada siang hari ketika cuaca panas.

Es oyen sendiri terbuat dari aneka buah-buahan mulai dari kelapa muda, alpukat, dan nangka. Kemudian dicampur dengan beberapa bahan lain seperti rumput laut, susu kental manis, kolang-kaling, sirup, dan untuk penyegarnya biasanya ditambahkan es batu yang sudah diserut.

Es Doger

Es doger apa sudah pasti cukup terkenal dan cukup menyegarkan. Es doger pada awalnya terdiri dari hanya satu bahan saja, yaitu kelapa muda yang kemudian ditambahkan sirup berwarna merah. Namun saat ini, es doger semakin berkembang. Ada yang menambahkannya tape singkong, mutiara, ketan hitam, dan lain-lain.

Beberapa minuman tradisional di atas saya pilih karena cukup segar dan enak bisa cocok dilidah siapapun dan cocok banget dengan iklim di Indonesia yang panas.