Macam-Macam Penyakit Paru-Paru yang Perlu Diwaspadai

macam-macam-penyakit-paru-paru-yang-perlu-diwaspadai

Diantara macam-macam penyakit paru-paru, hampir semuanya sangat berbahaya dan berisiko menghilangkan nyawa. Mengerikan sekali, bukan? Untuk itu setiap orang memiliki kewajiban untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk kesehatan paru-paru. Apalagi paru-paru adalah salah satu organ vital dalam sistem pernapasan yang berguna untuk proses respirasi oksigen dan karbondioksida.

Macam-Macam Penyakit Paru-Paru Kronis yang Berbahaya

Di dalam buku berjudul “Ensiklopedia Tubuh Manusia” karya Steve Parker, dijelaskan 12 jenis penyakit yang menyerang paru-paru. Akan tetapi diantara 12 jenis penyakit itu, ada beberapa yang dianggap paling berbahaya dan mematikan. Oleh karena itu Anda harus waspada dan menghindari segala macam faktor risiko yang bisa menyebabkan penyakit paru tersebut. Berikut ini adalah macam-macam penyakit paru-paru kronis yang berbahaya.

  1. Pneumonia
    Jenis penyakit paru berbahaya yang pertama adalah radang paru-paru atau dalam istilah medis disebut pneumonia. Pada umumnya pneumonia bisa muncul di bagian berbagai bagian paru-paru. Pneumonia menyerang bagian potongan besar paru-paru atau lobus dan bisa terus meluas apabila tidak ditangani. Ada juga penyakit yang disebut bronkopneumonia, penyakit yang menyerang jaringan pada salah satu paru-paru atau bahkan pada keduanya.

  2. Tuberkulosis
    TB atau Tuberkulosis adalah suatu penyakit infeksi pada jaringan paru-paru yang diakibatkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis. Akan tetapi mikroba tersebut baru akan menginfeksi apabila sistem kekebalan tubuh seseorang menurun. Pada dasarnya hampir setiap orang memiliki mikroba TB di dalam tubuhnya. Namun tidak semua menyebabkan penyakit, hanya sebagian orang saja yang bisa terserang TB, terutama yang imunitasnya melemah.

  3. Asbestosis
    Setiap orang harus berhati-hati dengan zat asbes, karena apabila terhirup bisa berdampak berbahaya untuk tubuh. Zat asbes yang masuk ke paru-paru bisa menyebabkan asbetosis dan mengakibatkan rusaknya paru-paru, bahkan sampai taraf kerusakan berat. Beberapa kasus membuktikan bahwa asbestosis juga bisa mengakibatkan kanker paru-paru. Akan ada tumor ganas di dalam paru-paru dan berisiko mengakibatkan kematian. Dari studi kasus, lebih dari satu juta orang menderita kanker paru-paru setiap tahun.

  4. Legionnaries
    Macam-macam penyakit paru-paru yang berikutnya adalah legionnaries, penyakit yang mungkin masih asing bagi masyarakat. Namun legionnaries ini kasusnya mirip dengan pneumonia. Legionnaries disebabkan oleh bakteri bernama legionella pneumophilia. Bakterinya berbentuk batang dan biasanya ditemukan pada sumber air. Bakteri ini menjadi berbahaya karena bisa menjadi berlipat ganda dengan cepat. Diketahui juga penyakit yang pertama mewabah pada tahun 1970-an itu lebih banyak menyerang laki-laki.

  5. Efusi Pleura
    Penyakit paru-paru kronis lainnya adalah efusi pleura, yakni cairan berlebih yang ada pada bagian membran berlapis ganda. Di mana membran tersebut ada di sekeliling paru-paru. Pada dasarnya membran atau pleura memang dilumasi sedikit cairan untuk bisa membuat paru-paru berkontraksi dan mengembang. Namun berbagai jenis infeksi seperti gagal jantung, kanker, termasuk pneumonia bisa menyebabkan penumpukan cairan di sekitar pleura. Bahkan volume cairannya bisa sampai tiga liter. Cairan tersebut bisa menekan paru-paru dan tentunya sangat berbahaya.

Selain kelima macam-macam penyakit paru-paru tadi, ada juga beberapa penyakit paru lainnya seperti pneumotoraks, asma, emfisema, bronkitis kronis, silikosis, dan beberapa penyakit lainnya. Semua penyakit paru memang berbahaya, tapi yang jelas Anda wajib menghindari penyakit-penyakit tersebut dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Kalaupun Anda mengalami satu diantara beberapa penyakit paru-paru tadi, sebaiknya segera lakukan penanganan secara medis supaya kondisinya tidak semakin parah. Semoga bermanfaat.

Referensi