Cara Memandikan Bayi Baru Lahir dan Merawat Tali Pusatnya

Memandikan Bayi

Usia paling rentan bagi bayi adalah saat usia 0 atau bisa dikatakan baru lahir, mengingat mereka masih belum terbiasa dengan keadaan lingkungan disekitarnya, belum lagi dengan kenyataan bahwa kulit mereka masih sangat sensitif terhadap berbagai macam hal, mulai dari suhu dan juga kosmetik-kosmetik yang biasa digunakan. Untuk itu sangat penting bagi anda untuk memastikan bahwa semua yang digunakannya benar-benar aman, berikut juga dengan cara memandikan bayi baru lahir.

Bagi anda yang baru saja menjadi ibu tentunya hal ini merupakan pengalaman pertama, tak semua orang mengerti cara memandikan bayi yang baru lahir tersebut, apalagi bayi masih belum bisa memberikan respon, jadi haru dilakukan sangat hati-hati, beberapa bagian bahkan masih sangat renta seperti misalnya tali pusat sehingga memerlukan penanganan tersendiri, berikut ini beberapa tips dalam merawatnya, yaitu:

• Pastikan bahwa tali pusat bayi anda selalu dalam keadaan yang kering dan bersih. Karena jika bagian tersebut tidak kunjung kering maka juga akan lebih lama terlepas, selain itu jika terlalu basah juga dapat menyebabkan infeksi.

• Saat bayi buang air lepas dan lipat popok ke arah belakang, untuk menghindari kotoran mengenainya, pastikan bahwa tali pusat masih dalam kondisi bersih setelahnya sebelum dibungkus kembali.

• Sehabis mandi bersihkan bagian tersebut dengan alkohol 70% dan bungkus menggunakan kain kasa yang bersih. Hal ini untuk menghindari kuman atau kotoran yang menempel, selain itu juga untuk memastikan bahwa tali pusat tetap dalam kondisi kering.

• Jika tali pusat mengalami iritasi segera konsultasikan ke dokter. Mungkin anda masih awam dengan hal ini, jadi untuk menghindari sesuatunya akan lebih serius akan lebih baik mengkonsultasikannya pada yang lebih ahli.

Itulah cara mudah dalam merawat tali pusat bayi anda, selain itu karena masih sangat rentan terhadap infeksi hindari membasahi bagian ini meskipun pada saat dimandikan, cara memandikan bayi baru lahir anda gunakan juga produk yang benar-benar aman untuk kulit mereka yang masih sangat sensitif seperti Zwitsal.

 

Leave a Reply