Macam-macam Penyebab Kelahiran Prematur

, , Comments Off on Macam-macam Penyebab Kelahiran Prematur

BB18-Kasur-Bayi-Motif-Keroppi-300x300

Pernahkah Anda mendengar istilah kelahiran prematur? Sebuah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan bahwa bayi yang dilahirkan sebelum tiba waktunya. Pada umumnya bayi akan dilahirkan setelah berusia 9 bulan atau berusia 37 minggu hingga berusia 40 minggu. Sedangkan kelahiran prematur akan terjadi apabila bayi belum genap berusia 37 minggu. Beberapa diantara penyebab kelahiran bayi prematur adalah:

Hamil bayi kembar

Rahim dirancang untuk menampung 1 bayi. Apabila ada dua bayi di dalam rahim, kemungkinan besar rahim tidak akan mampu menampungnya hingga masa-masa normal waktu melahirkan tiba. Ukuran bayi yang dua kali lipat lebih besar membuat beberapa Ibu memiliki resiko melahirkan prematur diantaranya adalah: ibu dengan badan yang kecil dan ibu yang tidak terlalu tinggi.

Karena usia sang ibu

Usia ibu juga bisa menentukan kesehatan kandungannya. Apabila Ibu berusia 35 tahun ke atas, resiko melahirkan secara prematur akan meningkat beberapa kali lipat dibandingkan dengan apabila Ibu masih berusia dibawah 30 tahun dan diatas 20 tahun.

Perkembangan janin didalam rahim

Faktor penyebab kelahiran prematur lainnya adalah perkembangan janin didalam rahim. Misalnya, jika suplai darah ke plasenta terganggu atau apabila pertumbuhan bayi terganggu, hal tersebut bisa menyebabkan kelahiran prematur.

Faktor gaya hidup

Gaya hidup yang dijalani oleh ibu hamil dapat menyebabkan resiko melahirkan secara prematur meningkat. Misalnya, apabila ibu hamil merokok, menggunakan narkoba, mengkonsumsi minuman dan makanan berkafein yang terlalu banyak, apabila pola makannya sangat buruk, apabila Ibu kekurangan berat badan, atau apabila Ibu beraktivitas terlalu berat.

Apabila pernah menjalani operasi di sekitar leher rahim

Seorang wanita yang pernah menjalani operasi di leher rahim cenderung mengalami kerusakan pada rahim yang menyebabkan pembukaan leher rahim terlalu cepat pada saat hamil. Hal tersebut sangat mungkin menyebabkan persalinan prematur.

Apabila ibu hamil mengidap penyakit tertentu

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan kelahiran prematur diantaranya adalah: diabetes , preeklamsia, dan kolestasis obstetri. Yang disebut terakhir adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan rasa gatal dan eksim.

Karena kondisi medis tertentu

Seorang ibu yang memiliki kondisi medis seperti Lupus Eritematosus Sistemik, Sindrom Antifosfolipid, atau penyakit ginjal sangat beresiko mengalami kelahiran prematur.

Serviks yang lemah

Ada beberapa wanita yang memiliki serviks sangat lemah. Biasanya Mereka cenderung lebih banyak dianjurkan untuk beristirahat total agar kelahiran bisa mencapai usia ideal. Bahkan, tidak sedikit wanita yang tidak mendeteksi masalah ini sejak dini mengalami keguguran.

Itulah beberapa penyebab mengapa Ibu bisa melahirkan secara prematur. Walau demikian, mungkin saja ada beberapa penyebab lainnya.