Tips Mencari Rumah dengan Harga Murah

gambar model rumah minimalis type 36 sederhana desainrumahnya

Mencari dan menemukan sebuah rumah yang murah saja terasa sulit. Apalagi jika harus mencari dan menemukan sebuah rumah yang berkualitas dan murah. Ya, saat ini memang banyak rumah dijual dengan harga mahal namun dengan kualitas alakadarnya. Tidak jarang mereka yang membeli rumah tersebut merasa menyesal di kemudian hari karena harus mengeluarkan uang yang banyak untuk melakukan renovasi. Walau demikian, rumah murah tetap dibutuhkan. Apalagi saat ini masih banyak rakyat Indonesia yang berada dibawah garis kemiskinan. Dengan penghasilan yang tidak besar setiap bulannya, wajar apabila mereka mengidam-idamkan rumah murah.

Rumah dengan cicilan yang murah tentu menjadi rebutan. Dan untungnya, pemerintah punya program satu juta rumah untuk meringankan beban mereka yang memiliki ekonomi lemah agar bisa memiliki rumah yang layak huni. Dikatakan murah karena mulai dari DP hingga cicilan perbulannya sangat terjangkau.

Untuk rumah murah pemerintah, harga uang mukanya hanya 1% dari total harga keseluruhan rumah tersebut. Begitu juga dengan harga cicilannya yang boleh dibilang sangat–sangat terjangkau yaitu antara Rp500.000 hingga Rp600.000 per bulan. Jangka waktu kredit yang longgar mencapai 20 tahun dan bunga kredit yang ringan sekitar 5%, lebih ringan 2,5% dibandingkan dengan bunga sebelumnya. Tentu ini merupakan kabar gembira bagi sebagian besar rakyat tidak mampu yang tinggal di Indonesia.

Perumahan murah ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang berpenghasilan maksimal 4 juta perbulan. Dari satu juta total jumlah rumah yang akan dibangun, 60%-nya akan diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Dan sisanya adalah untuk masyarakat berpenghasilan menengah yaitu mereka yang berpenghasilan maksimal 7jt per bulan.

Namun jika ternyata program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah tidak menjangkau tempat dimana anda tinggal, mungkin ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa tips berikut ini untuk menemukan rumah dengan harga murah.

Cara yang pertama adalah dengan mencari rumah murah di situs jual beli rumah yang populer. Kemudian pilihlah sesuai dengan tempat yang diinginkan. Cara yang kedua, kita bisa hunting di daerah sendiri terutama rumah-rumah yang berada di pinggiran kota. Selain itu, rumah yang sedikit berada di bagian dalam pada umumnya dihargai lebih murah. Cara yang ketiga adalah dengan memilih rumah yang berlokasi di bagian “tusuk sate.” Rumah yang berlokasi di tempat tersebut biasanya tidak disukai oleh sebagian besar orang karena berbagai mitos yang mereka percaya.

Cara yang keempat adalah dengan memilih rumah yang tanahnya agak sempit. Karena biasanya, rumah yang memiliki tanah luas akan dihargai dengan harga mahal. Cara yang lainnya yang bisa anda coba untuk mendapatkan rumah murah adalah dengan mendatangi Perumnas di kota anda untuk menanyakan mengenai informasi ketersediaan perumahan murah.