Tips Memilih Rumah Sakit Bersalin yang Baik

rumah sakit

Setelah mengandung sang buah hati selama sembilan bulan, momen melahirkan memang menjadi momen yang begitu ditunggu-tunggu. Sambil menunggu kelahiran sang buah hati ada baiknya merencakanan persalinan di rumah sakit yang tepat. Mungkin kelihatannya melahirkan di mana pun sama saja. Tapi ternyata tiap rumah sakit mempunya kebijakan yang berbeda-beda untuk penanganan ibu dan anak. Berikut adalah tips memilih rumah sakit bersalin yang baik.

Pro ASI Ekslusif

ASI atau air susu ibu adalah makan terbaik bagi bayi usia nol sampai enam bulan. Para dokter pun sangat menyarankan pemberian ASI di awal kelahiran sang bayi ke dunia. Atau yang biasa disebut inisiasi menyusui dini. Sang bayi akan diletakan di atas dada ibu untuk menyusui pertama kali. Baru setelah itu bayi dan ibu akan dipisahkan untuk beberapa saat.

Nah saat di ruang bayi terkadang ada beberapa rumah sakit yang memberikan susu formula pada bayi yang baru lahir. Jika ibu pro ASI tentu saja tidak akan membiarkan hal ini terjadi. Maka dari itu sangat penting mencari rumah sakit bersalin yang benar-benar pro ASI.

Fasilitas Lengkap

Persalinan memang bukan hal yang mudah, banyak sekali kemungkinan yang dapat terjadi saat proses persalinan. Sehingga sebelum melakukan persalinan di satu rumah sakit ada baiknya ibu memastikan kelengkapan fasilitas di rumah sakit tersebut. Contohnya seperti kelengkapan fasilitas oprasi, NICU dan incubator.

Mengizinkan Suami untuk Mendampingi Istri

Saat proses persalinan adalah sang ibu harus mendapat dukungan yang cukup terutama dari suami demi kelancaran proses persalinan. Pastikan rumah sakit yang ibu tuju mengizinkan suami untuk mendampingi proses persalinan normal atau maupun Caesar.

Reputasi Baik

Setelah memastikan rumah sakit yang ibu tuju sudah memenuhi syarat di atas, ibu juga harus memastikan bahwa rumah sakit tersebut memiliki reputasi baik. Ibu bisa bertanya pada sanak saudara atau teman-teman yang pernah melakukan proses persalinan di rumah sakit tersebut. Atau mungkin mencarinya di internet. Dan pastikan rumah sakit bersalin tersebut juga memiliki perawat yang ramah. Karena hal ini akan sangat berpengaruh pada kondisi psikologi ibu pasca persalinan.

Lokasi Mudah DiJangkau dari Rumah atau Kantor

Bagi ibu yang tinggal di Jakarta, mencari rumah sakit di Jakarta yang bagus untuk melahirkan mungkin memang bukan hal yang sulit. Tetapi pastikan rumah sakit yang ibu tuju mudah dijangkau dari kantor atau pun rumah. Mengingat padatnya lalu lintas kota Jakarta yang mungkin dapat menghambat perjalanan ibu dari rumah atau kantor ke rumah sakit untuk bersalin.