Tips Bernegoisasi Dengan Penjual Properti

jasa desain rumah gratis info bisnis properti

Bagi anda orang yang tinggal di daerah kota pasti pernah membeli properti. Bisa itu rumah dijual di jakarta ataupun apartemen. Anda harus berhati – hati karena ini adalah komitmem jangka panjang. Dan juga dalam membeli properti membutuhkan dana yang cukup besar. Tak jarang orang lebih memilih membeli apartemen second atau yang sudah pernah ditempati. Properti second ini banyak menjadi daya tarik karena dapat melakukan tawar menawar dengan si penjual. Untuk anda yang akan membeli properti, di bawah ini adalah tips bernegoisasi dengan penjual properti yang dapat anda terapkan agar memperoleh kesepakatan anda harapkan.

  • Mendengarkan dan memahami penjual properti
    Sebagai tips pertama anda sebaiknya mendengarkan dan memahami penjual properti terlebih dahulu. Anda disarankan membangun hubungan baik dengan penjual sebelum melakukan jual beli. Agar membangun kepercayaan antara penjual dan pembeli.

  • Lakukan secara efektif
    Tips selanjutnya adalah melakukan perhitungan yang matang dan efektif. Agar proses negosiasi tidak berlangsung lama. Jika pihak penjual mengajukan tawaran balik, segeralah mengambil keputusan agar tercapai harga yang cocok. Lakukanlah perhitungan tersebut secara efektif dan tidak mengulur waktu.

  • Berikan tawaran senilai 75% dari harga jual
    Tips yang satu ini membutuhkan keberanian anda, cobalah mengajukan tawaran 60% hingga 75%. Anda juga harus tegas dan jelas dalam menyampaikannya. Tips ini dimaksudkan agar anda dan penjual properti dapat mendapat ruang untuk bernegosiasi.

  • Tetap objektif
    Dalam hal ini anda harus bersikap objektif pada keputusan anda. Jangan sampai karena anda terlalu tertarik terhadap properti tersebut anda akan lalai dan ujung – ujungnya dirugikan.

  • Minta tenggang waktu
    Tips yang satu ini sangat ditujukan kepada anda yang dibantu pembiayaannya oleh bank. Karena pencairan dananya cukup lama, sebaiknya anda meminta tenggang waktu kepada si penjual. Selain negosiasi harga, hal yang satu ini pun juga cukup penting dan tak boleh anda lewatkan.

Demikianlah artikel mengenai tips bernegosiasi dengan penjual properti. Semoga bermanfaat.