Makanan Paling Ampuh untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menu Makanan Sehat

Tekanan darah tinggi atau yang dikenal dengan istilah hipertensi, kadang-kadang disebut juga hipertensi arteri, adalah kondisi medis akibat adanya tekanan darah yang sangat tinggi di arteri. Meningkatnya tekanan darah tersebut disebabkan karena banyak hal diantaranya: kebanyakan adalah karena usia. Saat kita berusia 65 tahun lebih, biasanya kita cenderung lebih rentan terhadap hipertensi apabila tidak menjaga kondisi berat badan dan tidak memperhatikan menu makanan. Namun selain itu, terlalu sering mengkonsumsi makanan-makanan asin yang banyak mengandung garam, kelebihan berat badan, faktor genetik, jarang makan buah dan sayuran, jarang berolahraga, terlalu banyak minum kopi atau makanan dan minuman berkafein, serta terlalu sering mengkonsumsi minuman keras juga dapat menjadi pemicunya.
Jika kamu saat ini sudah di diagnosa mengalami hipertensi, ada baiknya kamu menyiapkan beberapa makanan penting berikut ini yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Makanan untuk menurunkan tekanan darah

Sayuran berdaun hijau

Makanan ampuh penurun darah tinggi yang pertama adalah sayur-sayuran berdaun hijau yang mudah kita temukan dan tentu saja harganya tidak terlalu mahal. Sayur seperti bayam, seledri, buncis, dan lain-lain merupakan makanan terbaik untuk menurunkan tekanan darah.
Namun selain sayuran berdaun hijau, sayuran yang lainnya seperti bawang putih, kentang, dan biji-bijian seperti kedelai juga cukup ampuh diandalkan untuk menurunkan tekanan darah.

Buah pisang

Diantara beberapa buah-buahan yang direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah, salah satunya adalah buah pisang yang banyak mengandung kalium dan potasium. Namun selain buah pisang, ada beberapa buah-buahan lain yang juga memiliki manfaat sama, diantaranya adalah: buah jeruk, buah melon, buah blewah, buah alpukat, dan buah mengkudu.

Coklat

Makanan lain yang sebaiknya kamu sediakan di rumah untuk mengantisipasi jika suatu waktu tekanan darah tinggimu kumat adalah coklat. Coklat banyak mengandung antioksidan dan sangat cocok apabila digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hanya saja, pilihan coklat yang terbaik untuk menurunkan tekanan darah adalah coklat murni bukan coklat-coklat yang dikemas dalam bentuk makanan ringan (snack).

Yogurt

Yogurt adalah makanan sehat lainnya yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Para ahli kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi yogurt setiap pagi sebagai menu sarapan karena mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu, yogurt tentu saja mengandung bakteri baik yang akan membuat pencernaan menjadi lebih lancar dan membuat usus kita bebas dari berbagai kanker dan penyakit.
Jenis yogurt yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari adalah yogurt rendah lemak atau yogurt plain bebas lemak. Kamu bisa menggabungkannya dengan beberapa buah-buahan sehat seperti pisang, alpukat, melon atau yang lainnya.