Cara Membuat Brownis Kukus Coklat Enak

  • Jun 25, 2016
resep brownies

Hampir setiap orang pasti menyukai brownis coklat. Maka tak heran jika banyak yang mencari informasi terkait Cara membuat brownis. Sekarang ini, brownis kukus memang menjadi primadona di kalangan masyarakat karena teksturnya yang lebih lembut dan rasa coklatnya yang lebih terasa.

Jika biasanya untuk menikmati kue brownis Anda harus membelinya di toko kue, maka tak ada salahnya jika sesekali membuatnya sendiri di rumah bukan? Apalagi brownis buatan rumahan juga sangat mudah dibuat dan tak kalah enak dengan yang dibuat di toko-toko kue. Disamping itu, bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah didapatkan. Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara membuat brownies coklat yang enak, berikut adalah bahan dan langkah-langkah yang bisa diikuti.

Bahan-bahan:

  1. Pasta coklat
  2. Telur 6 butir
  3. Susu kental manis
  4. Gula pasir 225 gram
  5. Minyak goreng sebanyak 175 ml
  6. Emulsifier 1 sdt
  7. Coklat bubuk 50 gram
  8. Dark coklat 100 gram
  9. Tepung terigu 125 gram
  10. Garam secukupnya

Cara membuat brownis:

  1. Langkah pertama, campurkan dark coklat dengan minyak. Kemudian campurkan pula coklat bubuk dengan tepung terigu.
  2. Selanjutnya, campur bahan-bahan seperti gula, emulsifier, pasta coklat, garam dan telur sambil kocok hingga mengembang.
  3. Apabila bahan-bahan yang dikocok tadi sudah mengembang, masukan campuran terigu dan coklat bubuk. Lalu masukkan juga campuran dark coklat dengan minyak. Aduk semua bahan hingga merata.
  4. Kemudian, adonan dibagi menjadi 3 bagian. Satu bagian dicampur dengan susu kental manis. Sementara satu bagian lagi tuangkan dalam loyang.
  5. Kukus bagian yang tidak diberi susu kental manis selama kurang lebih 10 menit. Lalu tuangkan bagian adonan yang dicampur dengan susu dan kukus kembali selama 10 menit.
  6. Tahap selanjutnya yakni tuang adonan terakhir yang tidak ditambahkan susu kental manis dan kukus kembali hingga matang. Untuk memastikan matang tidaknya brownis, Anda bisa menusukkan tusuk gigi ke brownis kukus tersebut. Jika masih ada adonan yang menempel pada tusuk gigi, maka brownis dianggap belum matang.

Itulah ulasan mengenai bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue brownis coklat kukus yang enak dan lezat lengkap dengan cara membuatnya. Semoga tulisan terkait Cara membuat brownis ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda yang ingin mencoba membuat brownis sendiri di rumah.