Scanner Portable Solusi Praktis untuk Keperluan Scanning

scanner-portable

Scanning adalah sebuah proses digitalisasi fisik dokumen yang kemudian bisa dipergunakan secara digital, misalnya untuk dikirim melalui email. Contoh dokumen tersebut misalnya surat yang sudah ditanda-tangan, KTP, SIM, majalah atau bagian tertentu dari sebuah buku. Saat ini banyak beredar smartphone dengan spesifikasi kamera berkualitas yang mampu mengambil foto dengan jelas. Untuk beberapa kasus, smartphone mungkin efektif untuk menggantikan fungsi scanner.

Tetapi karena kamera smartphone dirancang untuk mengambil gambar jarak jauh pasti kualitasnya tidak sebaik scanner yang memang dipergunakan untuk mengambil gambar jarak dekat. Selain itu scanner tidak terpengaruh dengan kondisi pencahyaan seperti kamera sehingga walaupun cahaya di sekitarnya redup sekalipun tidak mengurangi kualitas hasil scan dokumen.

Kebanyakan tempat fotokopi sekarang sudah menyediakan jasa scan disamping juga jasa print karena semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk scanning. File hasil scan biasanya berupa gambar JPG atau PDF yang kemudian bisa diolah lagi. Biaya scan lebih mahal dari print sehingga jika ada banyak dokumen yang harus discan tentu semakin banyak biayanya.

Nah, jika anda termasuk orang yang sering melakukan keperluan scan atau print tidak ada salahnya untuk berinvestasi sebuah perangkat scanner atau all in one device yang mempunyai fungsi ganda, print dan scan yang kini banyak dijual di toko komputer dengan berbagai macam pilihan merk dan spesifikasi yang bisa disesuaikan dengan keperluan.

Perangkat Printer All in One

Saat ini sudah banyak dijual perangkat printer yang sekaligus berfungsi sebagai scanner. Tidak hanya menawarkan fungsi printing saja tetapi juga scanning. Kelebihan scanner all in one ini adalah kemampuannya untuk melakukan scan banyak dokumen dengan cepat serta resolusi yang besar. Tetapi kekurangannya adalah karena perangkat multifungsi ini menyatu dengan printer maka ukurannya lebih besar daripada printer biasa. Jika keperluan scanning lebih dominan daripada printing mungkin lebih baik untuk membeli perangkat khusus untuk scan sehingga lebih hemat.

Scanner Portable

Scanner jenis ini sesuai dengan namanya merupakan perangkat scanner praktis yang bisa dipergunakan untuk keperluan scanning dimanapun dan kapanpun. Scanner portable menggunakan baterai rechargeable yang bisa dicharge menggunakan USB, kabel USB tersebut berfungsi juga untuk memindahkan file hasil scan langsung ke komputer atau laptop. Umumnya scanner portable mempunyai bentuk dan ukuran yang kompak sehingga bisa dengan mudah dibawa dan disimpan. Anda bisa dengan mudah dan cepat melakukan scan dokumen penting tanpa harus repot. Beberapa model scanner portable telah dilengkapi WiFi untuk konektivitas tanpa kabel.

 

Leave a Reply