Solar Powerbank Solusi Praktis untuk Smartphone

Solar Powerbank

Smartphone masa kini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat baik komponen maupun desainnya. Beberapa contohnya adalah desain yang saat ini hampir semuanya menggunakan form factor bar dengan layar sentuh. Sepertinya sulit untuk menemukan sebuah smartphone dengan tombol fisik apalagi desain clamshell. Bahkan beberapa merk smartphone memindahkan tombol kapasitifnya menjadi tombol on-screen. Bisa dibilang desain smartphone masa kini mirip-mirip. Beberapa rumor mengatakan layar smartphone masa depan akan memenuhi seluruh bagian depan.

Selain desain perkembangan smartphone adalah komponen internal yang semakin canggih dengan daya komputasi yang semakin baik dari sebelumnya. Tidaklah mustahil saat ini untuk bermain game dengan kualitas grafis 3D di sebuah smartphone. Bahkan kini smartphone tidak hanya untuk aktivitas komunikasi saja tetapi juga menjadi sebuah alat multifungsi yang menggabungkan banyak fungsi dalam satu perangkat. Contoh lainnya adalah kamera, smartphone sudah bisa menyamai kualitas foto dari kamera pocket dan DSLR sekalipun.

Fitur dan kemampuan yang semakin meningkat tersebut bisa dipastikan akan membutuhkan daya yang tidak sedikit. Untuk sebuah smartphone dengan fitur terbaru, tentu daya baterai akan semakin cepat terkuras sebab penggunaan berbagai macam aplikasi seperti sosial media dengan fitur always on yang mengharuskan koneksi internet harus selalu aktif. Bagi yang gemar bermain game tentunya mempercepat berkurangnya daya baterai. Belum lagi kemampuan kamera smartphone yang menyamai kamera DSLR, tentu semakin menguras daya baterai.

Powerbank Solusi Cadangan Energi

Walaupun dibekali dengan kapasitas baterai yang besar sekalipun, sebuah smartphone akan cepat kehabisan daya dan tentunya menyebalkan untuk selalu mengisi ulang daya apalagi jika sedang berada di tempat yang jauh dari sumber listrik, tentu merepotkan. Powerbank adalah sebuah perangkat dengan kemmapuan menyimpan energi yang kemudian dapat dimanfaatkan perangkat lain seperti smartphone dan bisa diisi ulang.

Seperti smartphone yang terus berinovasi, kini ada jenis powerbank dengan sebutan solar powerbank. Bukan powerbank yang menggunakan bahan bakar solar untuk mendapatkan energi tetapi powerbank yang menggunakan solar cell, sebuah perangkat yang memanfaatkan tenaga surya atau cahaya matahari untuk pengisian energinya. Di negara kita ini sangat cocok untuk penggunaan perangkat bertenaga surya karena hanya terdiri dari 2 musim.

Solar powerbank bisa menjadi solusi praktis untuk pengguna smartphone yang sering melakukan perjalanan dan jauh dari sumber listrik. Bagi yang gemar mendaki gunung mungkin solar powerbank bisa jadi solusi untuk cadangan energi ketika berada di pegunungan yang jelas tidak ada sumber listrik. Solar powerbank juga praktis karena bisa diisi ulang dengan cahaya matahari sehingga bisa ditempatkan di dashboard mobil atau di luar tas. Dan saat smartphone butuh energi tambahan, powerbank sudah siap digunakan.

 

Leave a Reply