Tips Memilih Powerbank untuk Smartphone

Memilih Powerbank

Powerbank adalah sebuah perangkat yang belakangan ini muncul dan mulai banyak dijual di toko-toko gadget. Saat ini banyak sekali powerbank yang bisa dipilih mulai dari warna, bentuk, motif, fitur dan kapasitasnya. Tetapi banyak juga powerbank palsu yang kualitasnya meragukan, biasanya membawa merk terkenal dengan desain kemasan yang meyakinkan dan kapasitas besar. Powerbank menjadi sebuah pilihan karena kapasitas baterai smartphone tidak mampu memenuhi kebutuhan smartphone yang semakin canggih dengan spesifikasi yang beragam.

Beli di Toko Terpercaya

Belilah powerbank di toko smartphone atau gadget terpercaya di kota anda. Biasanya toko komputer/gadget yang terkenal atau terpercaya tidak mau mengorbankan reputasinya dengan menjual produk palsu atau berkualitas rendah. Nah kalau sudah menemukan toko yang terpercaya coba pastikan beberapa hal berikut ini. Oh ya jangan lupa cari toko yang pegawainya ramah dan paham dengan produk yang mereka jual.

Pastikan Terdapat Garansi

Powerbank palsu tidak mungkin memberikan garansi, tetapi powerbank berkualitas pasti berani memberanikan jaminan untuk produknya. Pastikan powerbank yang anda beli memberikan garansi, untuk memastikan bahwa powerbank tersebut terjamin kualitasnya. Waktu garansi yang lama bisa berarti produsen yakin dengan kualitas produk yang dibuatnya sehingga berani memberikan jaminan yang panjang.

Bahkan ada produsen yang berani memberikan garansi “6 + 30 Bulan”, produsen akan mengganti yang baru secara gratis jika selama 6 bulan sejak tanggal pembelian ternyata powerbank rusak. Dan jika 30 bulan sejak pembelian powerbank mengalami kerusakan maka berhak mendapat ganti yang baru dengan membayar hanya setengah dari harga powerbank yang dibeli. Rasanya mustahil powerbank palsu berani memberikan garansi seperti ini.

Perhatikan Fiturnya

Beberapa fitur yang biasanya terdapat pada powerbank original atau asli adalah Over Charge Protection, Short Protection Circuit dan Over Voltage Protection. Tanyakan kepada penjual apa saja fitur yang ditawarkan powerbank yang mereka jual. Pastikan juga terdapat konektor tambahan yang anda butuhkan misalnya untuk iPad atau iPhone yang tidak menggunakan port microUSB.

Hindari Powerbank Murah dengan Kapasitas Besar

Banyak powerbank dengan kapasitas besar hingga puluhan ribu mAh namun dengan harga jual tidak sampai 100 ribu. Bagi konsumen yang awam mungkin akan tergiur karena biasanya powerbank tersebut menggunakan merk produsen ponsel ternama seperti Samsung atau Sony. Hal ini harus diperhatikan saat akan membeli powerbank karena semakin besar kapasitas sebuah powerbank maka harga jual akan semakin mahal. Aneh jika sebuah powerbank berkualitas dengan kapasitas 20.000 mAh dijual dengan harga Rp 200.000 🙂

 

Leave a Reply