Tips Memilih Wireless Router

Internet saat ini bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat Indonesia khususnya. Selain itu tarif internet kini lebih terjangkau dengan kecepatan dan kualitas yang semakin baik. Perkembangan tidak hanya berhenti disitu tetapi juga teknisnya mengalami perkembangan, contohnya jika sebelumnya untuk menggunakan internet komputer atau laptop harus tersambung ke modem ADSL melalui kabel ethernet.

Dan jika internet ingin digunakan lebih dari satu pengguna maka modem ADSL tersebut harus memiliki port LAN lebih dari satu. Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, telah hadir wireless router yang mempermudah penggunana internet yang sebelumnya terbatas dengan model ADSL. Cara kerjanya adalah wireless router terkoneksi dengan modem ADSL kemudian membagikan internet ke seluruh perangkat yang dapat mengakses WiFi.

Hal ini mempunyai keuntungan yang sangat banyak, misalnya di sebuah rumah terdapat koneksi internet kabel. Maka dengan menggunakan wireless router, koneksi internet tersebut bisa digunakan tidak hanya komputer atau laptop tetapi juga perangkat lain yang bisa mengakses WiFi seperti smartphone yang saat ini fitur WiFi merupakan fitur umum sebuah ponsel pintar. Imbasnya, lebih hemat daripada harus menggunakan paket data yang notabene lebih mahal dan terbatas. Selain itu koneksi internet kabel lebih stabil kecepatannya.

Modem ADSL + Wireless Router

Tips Memilih Wireless Router (5)

Tips Memilih Wireless Router (1)

Perangkat 2 in 1 ini menggabungkan fungsi modem ADSL dan wireless router, sehingga tidak lagi diperlukan modem ADSL terpisah untuk mengkoneksikan internet dan wireless router untuk memancarkan sinyal. Sisi positifnya adalah lebih praktis karena hanya dibutuhkan satu perangkat dan langsung bisa terkoneksi. Selain itu perangkat ini memiliki power switch jadi kalau sedang tidak digunakan bisa dimatikan dari switchnya.

Wireless Router Tanpa Antena

Seperti perangkat wireless router lainnya, tipe ini memiliki fitur dan fungsi untuk memancarkan sinyal wireless yang sudah terkoneksi dengan modem ADSL. Kelebihan perangkat ini adalah tidak ada antena, sehingga kelihatan lebih rapi. Tapi sayangnya karena tidak ada antena maka sinyal yang dipancarkan tidak bisa menjangkau tempat yang lebih jauh atau ruangan yang bersekat terlalu banyak. Dilengkapi juga dengan power switch seperti wireless router 2 in 1 sebelumnya.

Tips Memilih Wireless Router (3)

Tips Memilih Wireless Router (4)

Wireless Router Standard

Model wireless router ini lebih dulu ada sebelum router tipe lainnya. Untuk bisa memancarkan sinyal internet tentu harus terhubung terlebih dahulu ke modem ADSL dengan koneksi internet aktif. Tergantung dengan model dan spesifikasinya, wireless router tipe ini mempunyai jangkauan sinyal yang cukup kuat dan jauh. Beberapa model dengan antena lebih dari satu bisa menjangkau lebih dari 50 meter dan ruangan yang banyak sekat sekalipun. Tapi untuk penggunaan di rumah, model wireless router satu antena biasanya sudah mencukupi.

Tips Memilih Wireless Router (2)

 

Leave a Reply