Waspada! Beras Plastik Sudah Masuk Indonesia

Beras palsu yang terbuat dari bahan limbah plastik kini sudah masuk ke Indonesia, beras palsu ini dilansir dari Liputan6.com diimpor dari negara Cina. Seorang penjual makanan di daerah Bekasi mendapati beras palsu tersebut rasanya tawar dan berbau tidak seperti nasi pada umumnya. Beras palsu yang terbuat dari bahan plastik berbahaya itu dijual dengan cara dicampur dengan beras lokal biasa sehingga menjadi sulit untuk mengetahui keaslian beras tersebut.

Beras Palsu di Bekasi
Beras palsu yang diduga terbuat dari plastik di daerah Bekasi. (Kompas/Jessi Carina)

Warga yang terlanjur mengkonsumsi beras plastik tersebut mengungkapkan, beras plastik memiliki tekstur yang berbeda dengan beras asli. Jika direndam, beras plastik akan mengambang sedangkan beras asli akan berada di dasar alias tenggelam. Beberapa ciri-ciri dari beras plastik adalah warnanya yang bening tanpa ada warna putih susu di bagian tengahnya dan teksturnya halus tidak seperti beras asli.

Dikutip dari Kompas, cara pembuatan beras plastik tersebut adalah dengan cara mencampur kentang dengan bahan plastik sintetis, lalu diaduk sampai bentuknya mirip dengan beras sungguhan. Pada tahun 2008 silam di Cina, ratusan ribu orang sakit dan enam balita meninggal karena memakan beras plastik tersebut. Selain itu juga pernah ditemukan telur palsu yang dibuat dari bahan plastik.

 

Leave a Reply